Diperiksa Polisi, Moeldoko Punya Koleksi Mobil yang Mengejutkan

KSP Moeldoko tiba di Bareskrim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

VIVA – Kepala Staf Presiden, Moeldoko akhirnya diperiksa polisi sebagai saksi atas dugaan promosi Ivermectin, dan ekspor beras yang dilaporkan dua peneliti Indonesia Corruption Watch atau ICW, Edi Primayogha dan Miftah.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

“Hari ini pukul 15.00 WIB Pak Moeldoko diperiksa sebagai saksi pelapor di Mabes Polri,” ujar Kuasa Hukumnya, Otto Hasibuan kepada wartawan, Selasa 12 Oktober 2021.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko saat berkunjung ke pabrik Wuling.

Photo :
  • Dok: KSP
BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Terpisah dari tuduhan tersebut, Moeldoko memiliki ketertarikan dengan otomotif. Mantan Panglima TNI itu sempat menjadi sorotan setelah mencetuskan alat transportasi umum ramah lingkungan, melalui bus listrik bernama MAB.

Moeldoko adalah lulusan terbaik di Akademi Militer, dan sempat menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dia sempat memiliki beberapa mobil mewah.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Pejabat negara kelahiran 1957 itu sempat menggunakan Toyota Land Cruiser buatan 2011 seharga Rp1,7 miliar pada 2012. Namun memasuki tahun berikutnya, Sport Utility Vehicle yang satu platform dengan Lexus LX 570 itu dijual.

Jantung pacunya dipersenjatai mesin diesel 1 VD-FTV delapan silinder atau V8 berkapasitas 4.461cc DOHC, dan dilengkapi twin turbo. Sehingga tenaga yang disemburkan mencapai 235 daya kuda di 3.200 rpm dan torsinya 615 Newton meter.

Torsi besarnya tersebut didapat 1.800-2.200 rpm, disalurkan melalui transmisi matik tujuh percepatan triptonic keempat rodanya. SUV tersebut juga memiliki fitur yang dapat mengubah sensasi berkendara, yaitu Comfort Eco, Normal dan Sport S/S+. 

Seiring perjalanan karirnya, harta kekayaan Moeldoko terus mengalami peningkatan. Tercatat saat menjabat sebagai Kepala Staf Presiden di 2017 pundi-pundi yang dikantongi mencapai Rp46,293 miliar, dan 2018 tembus Rp49,556 miliar.

Toyota Land Cruiser Sahara Horizon yang hanya dibuat 400 unit.

Photo :
  • Carscoops

Memasuki periode 2019-202, kekayaannya menurun menjadi Rp46,137 miliar. Jika melihat data alat transportasinya pada tahun tersebut, cukup mengejutkan. Purnawirawan jenderal TNI bintang empat itu hanya memiliki satu mobil.

Di dalam garasi terparkir Toyota Camry 2.5 Hybrid buatan 2012. Harga sedan versi ramah lingkungan itu terus menurun seiring pergantian tahun, sebab pada 2017 nilainya masih Rp260 juta, namun di tahun lalu harganya ditaksir Rp200 juta.

Toyota Camry Hybrid

Photo :
  • Toyota

Sebagai informasi, Kepala Staf Presiden itu tidak lagi memiliki kendaraan pribadi pada 2021 berdasarkan data LHKPN, di mana harta kekayaan yang dilaporkannya pada tahun ini Rp46,700 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya