Ganjil Genap di Jakarta Normal Kembali, Ini Jadwalnya

Ganjil Genap
Ganjil Genap
Sumber :
  • VIVA/M AlI Wafa

VIVA –  Ganjil genap di Jakarta seperti biasa kembali diberlakukan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mulai hari ini Senin 18 Oktober 2021.

Aturan ganjil genap di Jakarta ini berlaku hanya di tiga kawasan, dan para pengemudi yang melanggar akan dikenakan sanksi tilang. Menurut Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya menjelaskan, bahwa aturan ganjil genap kembali ke aturan lama sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

Penindakan pelanggar di kawasan perluasan ganjil-genap Jakarta

Penindakan pelanggar di kawasan perluasan ganjil-genap Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sehingga jika selama PPKM level diberlakukan selama setiap hari, kini ganjil genap hanya diterapkan pada hari kerja Senin sampai Jumat saja. Sementara pada weekend dan tanggal merah ditiadakan.

"Jadi kita kembalikan kepada peraturan gubernur bahwa ganjil genap hanya berlaku di hari Senin-Jumat. Untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional ganjil genap tidak berlaku," ujar Kombes Sambodo dalam keterangannya.

Nah, pemberlakukan ganjil genap juga diberlakukan dua sesi. Sebelumnya, selama PPKM level di Jakarta, ganjil genap berlaku seharian selama 16 jam mulai pukul 06.00-22.00 WIB. "Bahwa ganjil genap berlaku mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB," imbuh Sambodo.

Sementara itu lebih lanjut Sambodo menjelaskan bahwa untuk sementara waktu, hanya tiga kawasan yang berlaku ganjil genap, meskipun di dalam Pergub dinyatakan ada 25 kawasan gage di Jakarta, namun yang saat ini baru aktif hanya 3 kawasan yakni Sudirman, Tamrin dan Jalan Kuningan.