Canggihnya Mobil Baru Wuling yang Bakal Dibuat di Indonesia

Booth Wuling di GIIAS 2021
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

VIVA – Banyak kendaraan menarik yang dipajang di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, yang digelar di ICE BSD, Tangerang hingga 21 November mendatang.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

Salah satunya ada di booth Wuling Motors, yakni mobil berukuran mungil dan disematkan teknologi masa depan di bagian jantung pacunya. Kendaraan yang dimaksud oleh Wuling Motors disebut menggunakan platform Global Small Electric Vehicle atau GSEV.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2017 di negara asalnya, yakni China sampai saat ini sudah ada enam model yang memakai rancang bangun tersebut, yakni E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, dan Nano EV.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Booth Wuling di GIIAS 2021

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan bahwa mereka sudah melakukan survei dan hasilnya platform GSEV dianggap ideal untuk diterapkan di Indonesia.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

“Wuling melakukan riset terhadap kebiasaan berkendara, ternyata orang Indonesia jarak tempuhnya kurang dari 50 kilometer (per hari), maksimum diisi empat penumpang, lebih dari 70 persen untuk pulang pergi dari rumah ke kantor,” ujarnya di lokasi pameran, dikutip VIVA Otomotif Senin 15 November 2021.

Danang menjelaskan, ada empat aspek dari GSEV yang jadi unggulan. Pertama yakni ukurannya yang kecil, memudahkan saat parkir. Pengguna tetap bisa mendapatkan kenyamanan di dalam kabin, berkat adanya dua konfigurasi bangku.

“Aspek kedua yaitu cocok untuk penggunaan sehari-hari, dibuktikan dengan kemampuan jarak tempuh mulai dari 120 hingga 300 kilometer. Serta, dukungan pengisian baterai yang mudah dan fasilitas fast charging,” tuturnya.

Berikutnya adalah fitur canggih sebagai pelengkap platform GSEV, seperti Internet of Vehicle, Advanced Driver Assistance System, parkir otomatis, hingga sistem hiburan dengan dukungan perintah suara.

“Aspek keselamatan berkendara turut menjadi pilar penting GSEV, dengan dukungan rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara. Selain itu, baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur Wuling Motors, Han Dehong mengatakan bahwa pihaknya berencana memproduksi mobil dengan platform GSEV di Indonesia mulai tahun depan.

“Mobil ini akan dibuat di Indonesia mulai tahun depan, dan juga diekspor ke negara lainnya seperti Singapura atau Thailand,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya