SUV Baru Toyota Siap Dijual di RI, Lebih Mahal dari Fortuner

Bocoran wujud Toyota Land Cruiser LC300.
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Toyota memiliki beberapa mobil yang masuk ke dalam segmen sport utility vehicle atau SUV, dan dipasarkan di Indonesia. Salah satu yang banyak diminati konsumen, yakni Fortuner.

Perkara Nomor Pelat, Pemilik Mobil Pikap Ini Kaget Diminta Bayar Perpanjang STNK Rp 5 Juta

Kendaraan berpenampilan gagah yang dibanderol Rp500 jutaan itu disukai karena ruang kabinnya yang cukup luas, serta dibekali dengan fitur mumpuni. Fortuner saat ini menjadi andalan Toyota di kelas SUV, baik secara lokal maupun untuk dipasarkan di luar negeri.

Sebelum kehadiran Fortuner, ada satu SUV lainnya yang juga jadi favorit di Tanah Air, yaitu Toyota Land Cruiser. Model ini jadi yang paling tinggi kelasnya di segmen tersebut, dan masih jadi incaran kaum kaya.

Ada yang Spesial dari Wuling Motors Bulan Ini

Generasi terbaru Toyota Land Cruiser dengan kode 300 beberapa waktu lalu sudah resmi dipasarkan di negara asalnya, Jepang. Model tersebut menjadi salah satu mobil yang fenomenal di tahun ini, karena terbilang langka.

Toyota Land Cruiser J300

Photo :
  • Dok: Toyota
Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

Land Cruiser baru hanya diproduksi di pabrik Toyota yang ada di Jepang, dan dibuat dalam jumlah 5.000 unit per tahun. Namun antusiasme konsumen jauh lebih besar, bahkan saat Toyota membuka inden sebelum peluncuran resmi semua alokasi sebanyak 21.500 unit sudah habis dipesan.

Banyak yang baru dari mobil berpenggerak empat roda itu, seperti platfrom Toyota New Global Architecture atau TNGA yang lebih ringan hingga pemindai sidik jari pada tombol starter, yang berfungsi mencegah kendaraan dibawa kabur meski maling tersebut memakai teknologi canggih untuk mengakali sistem immobilizer.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman Kementerian Dalam Negeri, Kamis 30 Desember 2021, Land Cruiser 300 sudah lulus uji dari Kementerian Perhubungan dan siap dijual di Indonesia. Meski demikian, belum diketahui kapan PT Toyota-Astra Motor akan resmi mulai membuka keran pemesanan.

Terkait harga, Nilai Jual Kendaraan Bermotor alias NJKB dari mobil baru tersebut untuk tipe terendah yakni Rp1,92 miliar. Sedangkan, varian paling tingginya Rp2,28 miliar.

Jika dibandingkan, maka varian terendah pada generasi terbaru Land Cruiser memiliki NJKB sama seperti versi paling tinggi dari model yang saat ini dipasarkan dengan banderol Rp2,55 miliaran on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya