Mobil Honda Paling Mahal di RI Pecahkan Rekor Tercepat

Honda Civic Type R
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Honda Civic Type R yang masuk pasar Indonesia pada 2017 lalu kembali memecahkan rekor tercepat, sebagai mobil produksi massal berpenggerak roda depan di Sirkuit The Baend Motorsport Park, Australia.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Dalam pengujian kali ini, unit yang digunakan adalah Honda Civic Type R limited edition yang berhasil mencatatkan waktu dua menit 12,20 detik, artinya lebih cepat dua detik dari pengetesan sebelumnya di sirkuit yang sama.

Di balik kemudi Civic Type R tersebut, Honda tetap mempercayakan Tony D’Alberto sebagai mantan juara Super2 dan Australian GT Endurance.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

“Kami sangat ingin memiliki kesempatan melakukan hal ini sebagai perpisahan yang pas untuk generasi Civic Type R,” ujar Honda Australia Director Stephen Collins dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Honda, Senin 14 Februari 2022.

Honda Civic Type R

Photo :
  • Dok: HPM
Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

Menurutnya mobil dengan kode seri FK8 tersebut menjadi yang luar biasa, karena terbukti sangat populer di kalangan publik dengan memenangkan banyak penghargaan, dan membuat rekor putaran di seluruh dunia sejak 2017.

“Pembaharuan model pada 2020 membuat mobil ini menjadi lebih baik, dengan suspensi, rem, dan pendingin mesin memastikan Civic Type R terus memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan,” tuturnya.

Mobil yang mengandalkan platform Civic hatchback itu mengandalkan mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.000cc turbo, yang dapat menyemburkan tenaga 296,7 dk di 6.500 rpm, dan torsi 400 Nm di 2.500-4.500 rpm.

Meski di Indonesia harganya mencapai Rp1 miliaran, namun mobil sport tersebut tetap mengandalkan transmisi manual 6-percepatan. Terdapat tiga pilihan berkendara yang terintegrasi dngan Adapative Damper System.

Untuk mendukung performanya, sektor kaki-kaki mengandalkan velg alloy 20 inci, dengan suspensi yang disesuaikan, serta pengereman disk brake lansiran Brembo. 

Sedan termahal Honda di Tanah Air itu pernah memecahkan rekor di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman, dan Sikuit Sizuka, Jepang dengan catatan waktu 2 menit 23,993 detik.

Sebagai informasi, pabrikan mobil berlogo H tersebut telah mempersiapkan All New Civic Type R, dan pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang modifikasi Tokyo Auto Salon pada 14-16 Januari 2022 dalam bentuk kamuflase.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya