Mobil Listrik Pertama Toyota Siap Dijual, Segini Harganya

Mobil konsep Toyota bZ4X
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota akan merilis mobil listrik pertamanya bernama bZ4X. Sederetan persiapan pun telah dilakukan, termasuk menyempurnakan baterai dengan menggandeng pabrikan Panasonic.

Mobil Listrik Baru Hyundai Bisa Dipesan, Ini Bocoran Harga dan Waktu Peluncurannya

Kabar terbaru, Thailand dipastikan mendapatkan kendaraan canggih itu secara perdana pada akhir tahun ini. Diketahui, model tersebut nantinya akan diimpor seluruhnya dari Jepang.

Dikutip VIVA Otomotif dari Paultan, Rabu 9 Maret 2022, kawasan Asia Tenggara hanya akan mendapatkan sekitar 100 unit bZ4X dan belum dipastikan berapa kuota untuk Negeri Gajah Putih. Harga per unitnya diprediksi 2 juta Baht, atau sekitar Rp800 jutaan.

Penghasilan Masih Segini Mau Kredit Fortuner, Mending Sadar Diri

Sedangkan untuk varian tertingginya ditaksir di bawah tiga juta Baht atau setara Rp1,3 miliar. Mobil SUV ini ditawarkan dengan konfigurasi penggerak roda depan, yang mampu menghasilkan tenaga 218 daya kuda.

Interior All New Toyota bZ4X

Photo :
  • Toyota
11 Mobil Listrik Murah di Indonesia, Mulai Rp100 Jutaan

Lebih lanjut, Toyota bZ4X ini digadang-gadang akan diluncurkan di Malaysia pada 2023 mendatang. Sebagai negara tetangga dan terdekat, maka ada kemungkinan model itu juga bakal masuk ke Tanah Air.

Meski belum ada informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, tapi mobil listrik perdana Toyota ini lahir berkat pengembangan bersama Subaru. bZ4X dibuat menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA, yang didesain khusus untuk kendaraan listrik.

Platform ini mengedepankan rancangan baterai yang sangat tipis dan gardan terintegrasi. Modul ini juga sama seperti yang digunakan di mobil listrik Subaru Solterra.

Dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. jarak tempuhnya bisa mencapai 500 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecas hingga 80 persen, yakni hanya 30 menit.

Toyota sudah mengumumkan siap menggandeng perusahaan EVGo, yang memberikan gratis isi ulang baterai selama satu tahun. Layanan mereka sudah tersedia di Amerika Serikat dan beberapa negara maju lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya