Penghasilan Masih Segini Mau Kredit Fortuner, Mending Sadar Diri

Toyota Fortuner
Sumber :
  • Dok: TAM

Jakarta – Memiliki mobil impian tentu sah-sah saja, namun biar cepat tercapai mending enggak usah terlalu ketinggian, meski pembelian dilakukan dengan cara kredit. Karena lembaga pembiayaan melihat dari gaji per bulan.

Hyundai Gowa Sediakan Fasilitas Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Debitur, atau konsumen yang mengajukan kredit ke lising melalui diler ada syarat tertentu, salah satunya penghasilan per bulan harus lebih besar tiga kali lipat dari angsuran, atau cicilan mobil yang diinginkan.

Sebagai contoh, Toyota Fortuner menjadi mobil impian. Secara harga, SUV (Sport Utility Vehicle) itu mengalami kenaikkan harga di bulan ini, banderolnya mulai Rp570,200 juta, sampai Rp741,850 juta on the road Jakarta.

Daftar Pilihan Mobil Toyota Tahun 2024 Harga di Bawah Rp 300 Juta

Jika menginginkan kredit Fortuner dengan harga termurah, atau tipe 2.4 G manual diesel, diler Toyota Auto2000 menyediakan beragam paket, salah satunya TDP (Total Down Payment) ringan sebesar 20 persen.

Salah satu tenaga penjual diler menyebut, uang muka yang perlu dibayarkan dengan skema tersebut hanya Rp100 jutaan, tapi konsekuensinya cicilan per bulan menjadi lebih tinggi karena sisanya masih sangat banyak.

Moeldoko Sebut Insentif Hybrid Hambat Mobil Listrik, Toyota Komentar Pedas

“Kalau rencana bapak tenornya 60 bulan yah cicilan Rp10-11 jutaan, sekarang ada perubahan harga soalnya yang tipe terendah naik Rp6 juta bulan ini," ujar sales tersebut kepada 100kpj, Jumat 19 April 2024.

Ansguran akan lebih rendah jika uang diawal jumlahnya lebih besar. Dia memberikan contoh dengan TDP Rp300 jutaan, maka angsuran per bulan selama 6 tahun hanya Rp6-7 jutaan, itu sudah termasuk asuransi.

"Biar cepat prosesnya dilihat dari penghasilan, yah ada juga lising yang bisa bantu cuma susah kalau selisihnya banyak," katanya.

Mengingat syarat gaji harus lebih besar dari cicilan, artinya penghasilan per bulan seseorang yang ingin kredit Fortuner tipe terendah itu sekitar Rp30 jutaan jika mengikuti paket kredit yang ada.

Saat ini karyawan swasta yang bisa mendapatkan gaji sebesar itu sudah memegang posisi penting, atau menjadi atasan, meski beberapa startup menawarkan gaji serupa bagi mereka yang punya keahlian khusus, atau seorang pengusaha.

Sehingga bagi mereka yang belum memiliki penghasilan sebesar itu, atau bahkan hanya di atas UMR sekitar Rp8-10 juta lebih baik sadar diri untuk menurunkan selera mobil barunya.

Untuk varian terendah tersebut, Fortuner mengandalkan mesin diesel 2.400cc berkode 2GD FTV empat silinder, yang dilengkapi VNT (Varible Nozzle Turbo) Intercooler, yang dapat menghasilkan tenaga 149,6 PS di 3.400 rpm, dan torsi 400 NM di 1.600-2.000 rpm. Tenaganya itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan ke roda belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya