Canggihnya Mobil Listrik yang Dipakai Jokowi di Batang

Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Berpelat RI-1
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi tahap kedua pembangunan industri baterai listrik terintegrasi, di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

"Saya senang pagi hari ini, bahwa tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi telah mulai berjalan," ujar Jokowi, dikutip VIVA Otomotif dari YouTube resmi Sekretariat Presiden, Rabu 8 Juni 2022.

Industri baterai listrik yang dibangun berkat investasi perusahaan Korea Selatan LG tersebut, menurut Presiden merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Selama kunjungan kerja itu, ada satu hal yang menarik perhatian, yakni Jokowi bersama rombongan menumpangi mobil listrik Genesis G80, yang merupakan anak usaha dari Hyundai.

Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Berpelat RI-1

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

“Tadi saya nyoba mobil listriknya Genesis dari Hyundai. Saya kira halus, enggak ada suaranya,” tutur Jokowi.

Beberapa waktu lalu, Jokowi menyampaikan bahwa mobil jenis sedan itu akan resmi dipakai pada acara Konferensi Tingkat Tinggi G20, yang rencananya diadakan di Bali pada akhir tahun ini.

“Penunjukkan Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami, untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022,” ungkap Global Head of the Genesis Brand, Jay Chang.

Ada yang unik dari Genesis, di mana perusahaan tersebut baru didirikan enam tahun lalu di Korea Selatan. Merek ini dikhususkan untuk menyediakan produk premium dari Hyundai, sama seperti Toyota dan Lexus.

G80 sendiri awalnya merupakan pengembangan dari sedan Hyundai Genesis, namun kemudian diberi kode yang berbeda setelah nama tersebut resmi dijadikan sebagai merek kendaraan.

Model yang bakal digunakan oleh tamu penting di KTT G20, adalah Genesis G80 generasi ke-2 yang dibekali motor listrik berkekuatan 365 daya kuda dan torsi 700 Newton meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya