Kemampuan Mobil Listrik Presiden Jokowi yang Punya Tenaga Buas

Hyundai Genesis Presiden Jokowi
Sumber :

VIVA – Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Rabu 8 Juni 2022 kemarin. Ada hal menarik saat kehadirannya di Provinsi Jawa Tengah tersebut, yaitu mobil kepresidenan yang digunakan.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Melalui postingan Instagram Jokowi, mobil yang digunakan adalah Genesis G80 Electric berwarna hitam dengan pelat nomor RI 1. Sebelumnya kendaraan dinas presiden adalah Mercedes-Benz S600, atau Toyota Land Cruiser saat ke luar kota.

Berdasarkan situs Genesis Motor, dikutip Viva Otomotif, Kamis 9 Juni 2022, Genesis G80 Electric dalam kondisi standar dibanderol 88,91 juta won, atau setara Rp1 miliaran. Harga bisa berubah jika konsumen melakukan penyesuaian.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Mobil listrik pertama buatan brand mewah Hyundai tersebut memiliki dimensi layiknya limousine. Secara keseluruhan panjangnya 5 meter, lebar 1,9 meter, dan jarak roda depan ke belakang 3 meter.

Mengusung desain moderen, namun tetap terlihat seperti mobil di masa depan. Mengandalkan penerangan utama LED, dan mempertahankan grill besar ciri khas Genesis dengan bahasa desain G-Matrix.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Pada sektor jantung pacunya dipersenjatai baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kW. 

Secara keseluruhan jika dikonversi menjadi daya kuda, maka sedan pelahap seterum tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 364,7 dk, dan torsi puncak 700 Nm.

Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda. Mengingat kapasitas baterainya cukup besar, tidak heran jika sedan mewah tersebut dapat berjalan hingga 427 kilometer.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai, dari kondisi 10 persen sampai 80 persen hanya 22 menit dengan fast charging, atau alat pengisian khusus yang memiliki aliran listrik 800 volt. 

Sementara jika memanfaatkan sumber kelistrikan 11 kW, butuh 9 jam. Waktu yang cukup lama, namun biasanya arus tersebut didapatkan saat berada di rumah.

Genesis G80 ramah lingkungan itu dibekali segudang teknologi canggih, mulai dari sistem hiburan, hingga fitur-fitur keamanannya. Terdapat 10 air bag, electronic stability control agar mobil tidak tergelincir saat bermanuver.

Kemudian hillstart assist control bertujuan tidak merosot saat melewati tanjakan curam, tanpa perlu menekan tombol parkir elektrik. Selain itu ada tire pressure monitoring system untuk mengetahui tekanan angina di masing-masing ban.

Intelligent speed limit assist yang berfungsi memberikan informasi kecepatan pada pengemudi jika terlalu berlebihan, lane keeping assist agar mobil tidak keluar dari lajurnya, dan masih banyak lagi.

Tidak diketahui, soal spesifikasi khusus yang ditanamkan pada Genesis G80 Electric tersebut. Mengingat sudah menjadi hal wajar, jika mobil kepresidenan memiliki keamanan tingkat tinggi seperti halnya tahan peluru, dan serangan bom.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya