Mobil Listrik Sedan Baru Ini akan Meluncur Tahun Depan

Ilustrasi gambar mobil sedan listrik baru dari Volkswagen
Sumber :
  • Volkswagen

VIVA Otomotif – Mobil listrik tengah diproduksi oleh beberapa produsen mobil dalam berbagai jenis, baik itu SUV maupun sedan. Salah satu perusahaan otomotif yang sedang memproduksi kendaraan ramah lingkungan adalah Volkswagen.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Perusahaan asal Jerman itu telah merilis konsep sketsa dengan nama mobil ID Aero, yang menjadi model keenam perusahaan. Nantinya, mobil barunya ini akan mulai diperkenalkan pada tahun 2023 mendatang.

Dilansir VIVA Otomotif dari AsiaOne, Kamis 30 Juni 2022, dalam konsep desainnya kendaraan listrik ini akan memiliki panjang sekitar lima meter. Perusahaan memberitahu terkait model barunya ini akan mulai dipasarkan di negara Cina, yang terkenal dengan penduduk paling banyak di dunia.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Secara tampilan, ID Aero ini mengusung bentuk bodi dengan gaya aerodinamis. Hal itu terletak di bagian atas yang dibuat miring ke belakang dalam gaya coupe. Diperkirakan, mobil ini memiliki desain dengan overhang pendek dan wheelbase panjang.

Ilustrasi gambar mobil sedan listrik baru dari Volkswagen

Photo :
  • Volkswagen
Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Bagian yang menonjol pada model barunya ini adalah garis lampu sempit yang memanjang secara horizontal di bagian depan ke kiri dan kanan. Untuk lampunya, disematkan LED yang membungkus sayap dan panel samping. 

Perusahaan mobil mewah itu memberitahu bahwa interior mobil ini akan lebih luas dengan beberapa fitur dan teknologi canggih. Salah satu fitur yang bakal mengisi mobil ini adalah sistem infotainment layar sentuh, berfungsi untuk mengaktifkan fitur-fitur lain di dalamnya.

Lebih lanjut, ID Aero ini akan dibangun di atas modular electric drive matrix (MEB) yang dikembangkan oleh Volkswagen. Beberapa bagian dari mobil listrik ini masih tetap mempertahankan dengan versi sebelumnya, hanya saja lebih modern untuk menunjang aktivitas pemilik mobil di masa depan nanti.

Sebagai mobil listrik, Aero dirancang untuk menggunakan baterai lithium-ion dengan kandungan energi bersih 77 kWh. Daya tersebut diklaim memiliki jangkauan 620 km, yang diukur pada siklus WLTP. 

Meski begitu, perusahaan masih belum belum merilis detail teknis lainnya terhadap model barunya ini. Diperkirakan, drivetrain yang serupa dengan model ID lainnya, menawarkan varian 300 tenaga kuda pada spesifikasi teratas.

Sebagai tambahan informasi, Volkswagen memberi alesan mengapa model barunya ini akan dipasarkan di China. Menurut perusahaan, negara tersebut memiliki konsumen kendaraan listrik terbesar di dunia, maka itu perusahaan tertarik untuk memanfaatkan momen baik ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya