Aki Mobil Jenis Ini Mulai Digemari di Indonesia

Aki mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA Otomotif – Aki merupakan salah satu komponen pada kendaraan bermotor, yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik. Nantinya, setrum dialirkan ke peranti lain yang membutuhkan, mulai dari mesin hingga penyejuk udara.

Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

Sama seperti komponen lain, aki memiliki masa pakai. Hal itu ditentukan oleh jenisnya, mulai dari aki biasa hingga bebas perawatan alias maintenance free.

Seiring semakin banyaknya jumlah mobil di Tanah Air, membuat kebutuhan akan aki juga semakin meningkat. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh Exide Industries, perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia aki dan baterai asal India untuk menawarkan produk unggulan mereka.

Penampakan Mobil Porsche Hampir Terbalik Usai Hantam Tembok Markas Samapta Polrestabes Medan

Bekerja sama dengan PT Mitra Kencana Nusantara, mereka menawarkan aki berkualitas premium untuk kendaraan bermotor roda empat di Tanah Air dengan merek Silver.

“Silver itu brand kerja sama Exide dengan MKN, produknya yakni aki maintenance free,” ujar Presiden Direktur MKN, Sutjipto Kalam di Jakarta, dikutip Sabtu 23 Juli 2022.

Peringati 20 Tahun Porsche Indonesia, 718 Cayman Style Edition Mejeng di Surabaya

Sutjipto menuturkan, saat ini sudah mulai banyak para pemilik mobil di Indonesia yang menggunakan aki bebas perawatan. Meski harganya sedikit lebih mahal dari model biasa, namun mereka tidak perlu repot mengecek airnya.

Aki Silver.

Photo :
  • Istimewa

“Saat ini sekitar 70 persen pemilik kendaraan di Pulau Jawa sudah menggunakan aki jenis ini,” tuturnya.

Aki Silver diklaim oleh Sutjipto dibuat oleh Exide Industries, yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam bidang tersebut.

“Aki Silver ini kualitasnya premium, tapi harga di bawah produk OEM (Original Equipment Manufacture),” ungkapnya.

Di negara asalnya, Exide Industries dipercaya oleh banyak pabrikan mobil untuk menyediakan aki yang dipasang pada unit baru. Mulai dari mereka asal Jepang, hingga Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya