Adu Spek Mobil Mercy Presiden dan Limusin Mewah Jokowi di China

Mercedes-Benz S600 Guard Presiden Jokowi di Rusia
Sumber :
  • Screenshoot Youtube

VIVA Otomotif Saat bertandang ke China, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaiki mobil super mewah, yakni limusin Hongqi L5. Lantas, bagaimana spek Hongqi L5 tersebut jika dibandingkan dengan Mercedes-Benz Maybach S600 Guard yang jadi mobil dinas Jokowi di Indonesia.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Jokowi dijemput oleh mobil seharga Rp11 miliar tersebut, saat mau ke ke tempatnya bermalam di Diaoyutai State Guesthouse, seperti dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden. Hongqi sendiri bukan brand mobil sembarangan.

Hongqi L5 sendiri mobil yang biasa dipakai oleh presiden Xi Jinping dan pejabat VVIP ini menjadi pesaing mobil-mobil mewah asal Eropa, seperti Mercedes Benz dan BMW. Soal dapur pacunya, Hongqi L5 dijejali mesin V12 6,0 liter bertenaga 408 hp dan 550 nm.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Mesin tersebut dipadukan transmisi otomatis enam percepatan untuk menggerakkan keempat roda. Dimensi mobil ini panjangnya 5,55 meter, lebarnya lebih dari dua meter, tinggi 1,5 meter, dan jarak sumbu roda 3,4 meter.

Mobil Hongqi L5 yang digunakan untuk menjemput Presiden Jokowi di China.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Berat mobil mencapai 3.150 kilogram, belum yang dipakai untuk para pejabat yang dilapisi baja. L5 memiliki gaya retro modern, terlihat dari gril dan kap mesin hingga lampunya bulat.

Jika di Indonesia sendiri, Jokowi bisa menumpangi mobil Kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini diketahui dirancang secara khusus oleh produsen otomotif Jerman itu, dengan spesifikasi dan fitur keamanan yang berbeda dari model standar.

S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 210 kpj.

Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik. Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP).

Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km. Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru, begitu juga pada tangki bensin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya