Kandidat Mobil Listrik Dinas Pejabat Harganya Bikin Geleng-geleng

SPKLU Mobil Listrik
SPKLU Mobil Listrik
Sumber :

VIVA Otomotif – Presiden Jokowi melalui intruksinya mengharuskan mobil listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas para pejabat, untuk menggantikan mobil bermesin bahan bakar yang masih digunakan saat ini.

Tertuang dalam Inpres Nomor 7/2022 Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Opernasional, dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah.

Intruksi yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 13 September 2022 itu merupakan langkah untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik, sehingga mampu menekan emisi dari mesin berbahan bakar fosil.

Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Melalui intruksi tersebut, penggunaan kendaraan listrik bisa didapatkan melalui skema pembelian, sewa, atau konversi dari mesin pembakaran menjadi listrik murni sesuai dengan undang-undang yang disahkan Kemenhub.

Namun tidak ada penjelasan terkait model, atau merek dari mobil listrik tersebut. Meskipun Sekretaris Umum Gaiindo, Kukuh Kumara berharap, mobil listrik untuk dinas tersebut adalah buatan lokal, bukan produk impor.

Tercatat baru Wuling Motors, dan Hyundai Motor Indonesia yang sudah membuat mobil pelahap seterum di dalam negeri. Namun kedua produk tersebut memiliki harga yang terpaut jauh, begitu pun spesifikasinya.