Siap Dijual, Ini Mobil Listrik Paling Mahal Bekas KTT G20 Bali

Presiden Jokowi berpose di depan mobil Genesis G80.
Sumber :
  • Antara/ho

VIVA Otomotif – Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT G20 Bali akan berlangsung pada November 2022. Pemerintah telah menggandeng beberapa produsen untuk menyediakan mobil listrik sebagai armada selama acara.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Mobil listrik untuk petinggi negara, atau VVIP telah disiapkan sebanyak 123 unit Genesis G80 Electric, lalu 246 unit Hyundai Ioniq 5 untuk delegasi, lead car 124 unit Ioniq EV, dan 123 unit Lexus UX-300e sebagai pengamanan.

Hyundai Genesis G80

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha
Mengenal Komponen ICCU yang Bikin Hyundai Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Selain itu ada 290 unit motor listrik untuk patrol pengawalan, dan 300 unit Wuling Air ev sebagai operasional selama acara berlangsung.

Menariknya, semua kendaraan pelahap seterum bekas acara KTT G20 itu akan dijual ke publik, seperti yang disampaikan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Hyundai Indonesia Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

“Nanti ada kendaraan yang digunakan, atau dijual, dilihat nanti kebutuhannya. Mana yang harus digunakan, maka yang mungkin dijual ke swasta,” ujar Ma’ruf Amin baru-baru ini.

Jika dijual, maka mobil listrik bekas KTT G20 yang paling mahal adalah Genesis G80.  Di negara asalnya, mengutip laman Genesis Motor. kendaraan VVIP itu dalam kondisi standar dibanderol 88,91 juta won, sekitar Rp1 miliaran.

Belum termasuk sejumlah pajak yang ditanggung saat dibawa masuk ke Indonesia, besar kemungkinan harganya bisa dua kali lipat. Besar kemungkinan lebih mahal dari Lexus UX-300e yang saat ini dilego Rp1 miliaran

Mobil listrik pertama buatan brand mewah Hyundai tersebut memiliki dimensi layiknya limousine. Secara keseluruhan panjangnya 5 meter, lebar 1,9 meter, dan jarak roda depan ke belakang 3 meter.

Mengusung desain moderen, namun tetap terlihat seperti mobil di masa depan. Mengandalkan penerangan utama LED, dan mempertahankan grill besar ciri khas Genesis dengan bahasa desain G-Matrix.

Pada sektor jantung pacunya dipersenjatai baterai Lithium-ion polymer 87,2 kilo watt per hour, dengan dua motor listrik pada bagian roda depan, dan belakang yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 136 kW. 

 Secara keseluruhan jika dikonversi menjadi daya kuda, maka sedan pelahap seterum tersebut dapat memuntahkan tenaga hingga 364,7 dk, dan torsi puncak 700 Nm.

Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda. Mengingat kapasitas baterainya cukup besar, tidak heran jika sedan mewah tersebut dapat berjalan hingga 427 kilometer.

Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai, dari kondisi 10 persen sampai 80 persen hanya 22 menit dengan fast charging, atau alat pengisian khusus yang memiliki aliran listrik 800 volt. 

Sementara jika memanfaatkan sumber kelistrikan 11 kW, butuh 9 jam. Waktu yang cukup lama, namun biasanya arus tersebut didapatkan saat berada di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya