Mobil Jenis Ini Mulai Jarang Diminati di Pasar Otomotif Indonesia

Ilustrasi gambar mobil Toyota Camry Edisi Nightshade
Ilustrasi gambar mobil Toyota Camry Edisi Nightshade
Sumber :
  • Carscoops

VIVA Otomotif Mobil baru terus diperkenalkan sekaligus di jual ke konsumen Indonesia. Ada beragam jenis model yang berhasil dikembangkan oleh pabrikan mobil di industri otomotif mulai dari SUV, MPV, hingga Niaga

Namun, ada salah satu jenis mobil yang kurang diminati di pasar Tanah Air yaitu Sedan. Mobil jenis ini sepi peminat, lantaran harga jualnya terbilang tinggi namun hanya bisa diisi oleh maksimal lima orang saja.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), dikutip VIVA Kamis 15 Desember 2022, secara ritel penjualan sedan pada bulan November menjadi yang terendah sejak Juli di tahun ini (2022).

Ilustrasi gambar mobil sedan Toyota model bZ3

Ilustrasi gambar mobil sedan Toyota model bZ3

Photo :
  • Carscoops

Dalam rincian data tersebut, pada bulan Mei 2022 penjualan ritel mobil sedan hanya laku 366 unit saja. Jumlah tersebut sempat mengalami peningkatan sampai bulan September 2022 di angka 932 unit, dan turun kembali ke 754 unit pada Oktober 2022.

Untuk modelnya, Toyota Camry berhasil menduduki posisi pertama sebagai sedan terlaris sepanjang bulan November tahun ini dengan total 120 unit terjual. Kemudian disusul dari model Corolla Altis di posisi kedua sebanyak 90 unit, dan di posisi ketiga dari model BMW 218i Gran Coupe sebanyak 45 unit.

Meski sepi peminat, mobil jenis sedan ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan model lainnya. Adapun kelebihannya seperti memiliki kesan mewah, kemampuan akselerasi yang baik karena adanya kombinasi antara bentuk bodi dan performa mesin, dan handling baik untuk pengemudi dapat berkendara dengan lebih ringan.

Halaman Selanjutnya
img_title