Begini Cara Honda Mencegah Permainan Harga Mobil di Diler

VIVA Otomotif: Booth Honda di IIMS 2023
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif – Tidak semua mobil baru yang ditawarkan di diler, bisa langsung dibawa pulang oleh pembeli. Ada konsumen yang harus menunggu untuk beberapa waktu, dikarenakan adanya hambatan seperti proses produksi atau banyaknya jumlah pemesan.

Terpopuler: Mobil Futuristik BYD, Viral Honda HR-V Bikin Macet

Seperti yang terjadi beberapa tahun lalu, di mana para produsen otomotif dilanda krisis kelangkaan komponen sehingga berimbas pada penundaan proses pengiriman ke rumah pembeli.

Waktu tunggu alias indennya juga tidak sebentar, ada yang mencapai lebih dari enam bulan bahkan satu tahun. Hal itu memunculkan potensi praktik culas oknum diler, yang menawarkan konsumen pemangkasan inden dengan mematok harga lebih tinggi.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 21 April 2024

Untuk mencegah terjadinya praktik tersebut, PT Honda Prospect Motor mengaku sudah memiliki strategi khusus. Hal itu diutarakan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy.

Diler baru Honda di MT Haryono, Jakarta Selatan

Photo :
  • VIVA/Dian Tami
4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

“Pada dasarnya, kami APM (Agen Pemegang Merek) memberikan suggested retail price ke seluruh diler yang ada di Indonesia. Untuk on the road price dari diler ke konsumen, itu dikomunikasikan dengan kami melalui perwakilan diler-diler,” ujarnya saat buka puasa bersama media di Jakarta, dikutip Sabtu 1 April 2023.

Billy menuturkan, bahwa harga OTR dipertimbangkan dari kondisi pasar dan jumlah permintaan konsumen, serta selalu dikomunikasikan dari APM ke diler-dilernya.

“Jadi intinya, harga-harga yang beredar itu adalah harga yang dikomunikasikan bersama (antara diler dan APM),” tuturnya.

Sejauh ini, Billy mengaku bahwa ia tidak pernah mendapat laporan atau mendengar ada oknum di diler Honda yang menawarkan harga lebih tinggi ke konsumen untuk unit yang inden.

“Saya tidak pernah dengar itu, jadi jangan tanya ke saya,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya