Tetangga Indonesia akan Produksi Hyundai Ioniq 5 Versi Canggih

Produksi Robotaxi Hyundai Ioniq 5
Sumber :
  • Rushlane

Singapura, 25 November 2023Hyundai Motor Group dan Motional, perusahaan patungan kendaraan otonom asal Amerika Serikat, mengumumkan bahwa mereka akan mulai memproduksi mobil robotaxi berbasis Hyundai Ioniq 5 di Pusat Inovasi Hyundai Motor Group Singapura (HMGICS).

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Kendaraan pertama yang diproduksi akan digunakan sebagai bagian dari layanan komersial Motional di Amerika Serikat mulai tahun 2024.

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Hyundai Motor Companyrobotaxi Ioniq 5 adalah salah satu kendaraan otonom Level 4 pertama yang disertifikasi berdasarkan Standar Keamanan Kendaraan Bermotor Federal (FMVSS) Amerika Serikat.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Kendaraan ini dilengkapi dengan array sensor yang canggih, termasuk kamera, radar, dan lidar, yang memungkinkannya untuk beroperasi secara mandiri dalam kondisi tertentu.

Uji coba robotaxi Hyundai Ioniq 5

Photo :
  • Rushlane
Ini Mobil Andalan Pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk Jalan-jalan di Indonesia

Presiden dan CEO Motional, Karl Iagnemma mengatakan bahwa merek sangat bangga dengan produksi Ioniq 5 robotaxi di fasilitas tersebut dan berharap dapat memperkenalkan kepada dunia beberapa kendaraan otonom bersertifikasi FMVSS yang pertama.

"Berkat kekuatan kolaborasi kami dengan Hyundai, kami mampu mengembangkan robotaxi terdepan di industri yang memenuhi standar federal yang ketat dan siap untuk komersialisasi massal," ujarnya.

HMGICS adalah fasilitas penelitian dan pengembangan kendaraan otonom seluas 20 hektare, yang terletak di Singapura. Fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk jalur uji tertutup, jalur uji terbuka, dan pusat data.

Produksi robotaxi Ioniq 5 di Singapura merupakan langkah penting bagi Hyundai dan Motional dalam upaya mereka untuk mengembangkan dan memasarkan kendaraan otonom secara global.

Sebagai informasi, fasilitas tersebut saat ini juga digunakan untuk membuat Ioniq 5 biasa dan rencananya tahun depan akan merakit Ioniq 6.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya