Komparasi Honda Freed vs Toyota Sienta dan Harga Bekasnya

Honda Freed vs Toyota Sienta.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, 12 Februari 2024 – Honda Freed dan Toyota Sienta merupakan dua pilihan populer di kelas mobil MPV dengan fitur pintu geser, yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan untuk keluarga.

Spesifikasi Mobil Kim Jong Un Hadiah dari Putin, Pesaing The Beast

Kedua mobil ini memiliki beberapa kesamaan, namun terdapat pula perbedaan yang signifikan dalam hal desain, fitur, performa, dan harga.

Jika dilihat dari esteriornya, desain eksterior Freed lebih sporty dan dinamis dengan garis-garis tajam. Interiornya terkesan modern dengan penggunaan material berkualitas.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Sementara itu, wujud eksterior Sienta lebih unik dan anti-mainstream dengan pintu geser kotak yang khas. Interiornya lebih simpel dan fungsional dengan fokus pada ruang kabin yang lega.

Dari segi dimensi, Sienta memiliki panjang 4.235 milimeter (mm), lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan dimensi Freed adalah panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Artinya, Sienta sedikit lebih panjang, namun Freed unggul dalam hal lebar dan tinggi.

Mobil Terlaris di Indonesia Januari 2024 Harganya Rp100 Jutaan

Sienta mengadopsi posisi tuas transmisi di konsol tengah, antara kursi penumpang depan dan pengemudi. Hal ini berbeda dengan Freed, dimana tuas transmisi diletakkan pada dasbor, sehingga ada ruang di antara jok depan.

Bicara soal dapur pacu, Freed menggunakan mesin 1.5L i-VTEC dengan tenaga 115 daya kuda dan torsi 145 Newton meter. Transmisinya CVT dengan 7 percepatan.

Toyota memasang mesin 1.5L Dual VVT-i pada Sienta, dengan tenaga 107 dk dan torsi 140 Nm. Transmisinya juga sudah mengadopsi teknoloi CVT, yang halus dan bebas sentakan.

Kedua mobil saat ini tidak lagi tersedia versi barunya. Freed disetop produksi dan pemasarannya pada 2016 silam, sedangkan Sienta baru saja dihentikan pembuatan serta penjualannya pada awal tahun ini.

Dari penelusuran VIVA Otomotif, harga bekas Honda Freed tahun 2016 berkisar antara Rp200 juta hingga Rp250 juta. Sementara untuk Toyota Sienta tahun 2017, banderolnya berkisar antara Rp170 juta hingga Rp220 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya