Dilema Punya Uang Rp200 Juta, Pilih Fortuner Bekas atau Mobil Baru Ini

Toyota Fortuner 2011
Sumber :
  • Team-BHP

Jakarta – Sebelum membeli mobil tentu pertimbangan utama adalah kondisi keuangan, sehingga selera akan mematahkan kenyataan. Terutama bagi mereka yang punya uang pas-pasan, dan baru pertama kali beli mobil.

Mobil Bekas Harga Segini Jadi Incaran Masyarakat

Mobil baru yang beredar dipasaran saat ini lebih beragam dari sisi brand, model, dan harga yang ditawarkan. Namun jika memiliki modal Rp200 juta, pilihan mobil baru yang bisa didapatkan cukup terbatas.

Dengan modal tersebut, Anda hanya bisa meminang mobil di kelas LCGC (Low Cost Green Car), atau Low MPV (Multi Purpose Vehicle), dan SUV (Sport Utility Vehicle) kompak dengan kapasitas mesin yang kecil.

Daftar Mobil Bekas yang Dikira Mahal Padahal Murah, Bisa Menaikkan Gengsi

Untuk model LCGC ada Toyota Calya tipe tertinggi yang dibanderol Rp190 juta, lalu ada Toyota Agya tipe 1.2 G CVT seharga Rp194,400 juta. Kemudian Honda Brio Satya E CVT yang saat ini dilego Rp198,300 juta.

Artinya untuk meminang mobil-mobil tersebut masih ada kembalian dari modal tersebut. Terkecuali ketika ingin meminang mobil di kelas Low MPV, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga.

SEVA Ajak Pembeli Mobil Baru Sesuaikan Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Mengingat harga mobil keluarga itu sudah di atas modal yang dimiliki. Bahkan untuk tipe terendah saja, seperti Ertiga sudah Rp232 juta, lalu Avanza Rp239,700 juta, Xenia Rp222,650 juta, Xpander Rp263,200 juta.

Sehingga masih banyak kekurangan yang perlu ditanggung, terkecuali pembelian dilakukan dengan cara kredit. Begitupun SUV kompak, dengan modal tersebut masih kurang untuk meminang WR-V, Rocky, atau Raize.

Padahal jika modal tersebut untuk beli mobil bekas, pilihannya jauh lebih premium meski secara umur kendaraan sudah cukup lawas. Salah satunya Fortuner bekas lansiran 2009 sampai 2010 dengan mesin diesel.

Marketing LB Auto Sunter, Riswan Susilo mengatakan, ada banyak pilihan mobil bekas dengan harga Rp200 juta, diantaranya Fortuner, Kijang Innova, dan beberapa mobil Low SUV seperti Terios, dan Rush.

“Kalau mau yang muda tahunnya ada Rush dan Terios 2018 cuma Rp180-190 jutaan. Kecuali Fortuner di bawah 2010 dapat segitu, Innova diesel juga dapat tahun tua tapi, kalau mudaaan bensin 2015 masih kena,” ujar Riswan yang juga juru taksir salah satu platform jual beli online, saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Rabu 15 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya