Metamorfosis Mobil Paling Laris di Indonesia

Mobil MPV di Ajang IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
2 Kapal Vietnam Diamankan KKP Terkait Penangkapan Ikan Ilegal di Perairan Natuna
- Pasar
Multi Purpose Vehicle
Disaksikan Wapres Ma'ruf, IBA Beri Bea Siswa ke Santri dan Mahasiswa di Banten
(MPV) Indonesia tidak pernah sepi dari persaingan. Maklum, mobil tipe ini memang paling diminati konsumen Tanah Air.
Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Produk baru selalu menyesaki segmen ini. Tak heran, para pemain lama harus pintar-pintar pasang strategi, seperti melakukan penyegaran ringan hingga berganti desain.


Salah satu pemain lama yang berupaya bertahan dari gempuran model baru adalah Toyota Kijang. Mobil tujuh penumpang ini sudah malang melintang di pasar otomotif nasional.


Toyota Kijang sudah hadir sebanyak lima generasi, yakni generasi pertama atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Buaya (1977—1980).


Generasi keduanya pun muncul pada tahun 1981—1985. Saat itu dikenal dengan Kijang Doyok. Toyota kembali melakukan ubahan pada 1986—1996, dengan menghadirkan Kijang Super.


Harga mobil itu melonjak naik setelah Indonesia dilandai krisis moneter pada 1997. Saat itu juga, Kijang hadir dengan generasi keempat yang dikenal dengan sebutan Kijang Kapsul (1996—2004).


Dan generasi paling terakhir adalah Kijang Innova (2004—sekarang). Innova menjadi "senjata" Toyota untuk terus mempertahankan kedigdayaan di segmen pasar MPV.


Kijang Innova menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan, di mana sejak pertama kali diluncurkan hingga Januari 2013, membukukan total 459.240 unit.

Sejak kemunculan perdananya pada 9 Juni 1977 hingga Januari 2013, semua varian Toyota Kijang sudah membukukan total penjualan 1.525.127 unit.


Lalu apakah Toyota Kijang bisa terus menunjukkan eksistensinya dalam usia hampir 36 tahun, di tengah gempuran kompetitor? kita tunggu saja. (sj)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya