'Mati Suri' 40 Tahun, Mobil Ikonik Ferrari Akan Dibuat Lagi

Ferrari Dino 246 GTS lansiran 1973
Sumber :
  • Motor trend

VIVA.co.id - Ferrari Dino, mobil sensasional yang sempat menjadi ikon Ferrari dan telah berhenti diproduksi empat dekade lalu, rencananya dibuat kembali.

Begini Jadinya Jika Ferrari Tabrak Sapi

Hal itu ditegaskan langsung oleh bos Ferrari yang juga merupakan Chief Executive Officer (CEO) Fiat Chrysler Automobiles, Sergio Marchionne, beberapa waktu lalu.

Seiring dengan keinginan Marchionne membangkitkan Ferrari Dino, banyak juga yang memprediksi bahwa mobil ini akan hadir untuk menambah lini mobil berlambang kuda jingkrak, seperti California T, 488 GTB, F12, dan FF.

Ada Ferrari Jadi Taksi, Jangan Naikkan Alis Anda

Namun, ada juga yang menyatakan bahwa Dino merupakan kandidat pengganti California T. Hanya saja, Marchionne membantah, jika Ferrari Dino hadir kembali, mobil ini akan dikategorikan sebagai mobil entry level.

"Kami dapat menghasilkan Ferrari dengan 500 tenaga kuda, tetapi tidak akan menjadi Ferrari murah. Merek (Dino) adalah unik dan perlu dilindungi," ujar Marchionne seperti dilansir Autocar, Selasa 9 Juni 2015.

Mantan Pentolan F1 Ferrari Jadi Bos Baru Lamborghini

"Saya akan selalu membangun 500 mobil yang lebih sedikit dari tuntutan pasar, ketimbang membuat lebih banyak 500 mobil. Kami tidak main-main dengan harapan pelanggan yang ingin Ferrari sebagai merek eksklusif," kata dia.

Menurut kabar yang beredar, saat ini, Ferrari tengah mengembangkan mobil dengan mesin yang lebih kecil. Dan jika Dino terbaru ini "hidup" kembali, Ferrari tidak akan melepas kesan eksklusif, dan tetap memberikan aura balap pada mobil tersebut.

Untuk jantung pacunya, Dino memang memungkinkan untuk menggendong mesin enam silinder dengan dua turbocharger, yang menghasilkan tenaga hingga 500 daya kuda.

Jika benar diproduksi kembali, dengan mesin tersebut, Dino akan bersaing dengan Porsche 911 GT3 RS, Aston Martin V12 Vantage, dan juga McLaren 570S. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya