Jarang Bawa Penumpang, Mobil Sebaiknya Rotasi Ban

Ban GT Radial Champiro Eco-G di stan GT Radial IIMS 2015.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu
-  Kendaraan pribadi di kota besar yang mobilnya tidak selalu membawa banyak penumpang, lebih baik memperhatikan kondisi ban secara merata dengan melakukan rotasi ban.

Bemper Mobil Rusak, Ini Beberapa Opsi Perbaikannya

Seringnya berkendara seorang diri, ternyata berpegaruh terhadap kondisi ban mobil. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Trans Oto Internasional, selaku perusahaan pemegang merek 1Station, Andre Ciu.
Waspada Kerusakan Sunroof Jika Jarang Digunakan


"Mobil tidak selalu diisi tujuh orang, ada yang pergi ke kantor sendirian sehingga titik beratnya cuma di sopir. Akibatnya beban tidak merata dan membuat kembang ban habisnya tidak merata," ungkapnya di kawasan Tangerang Selatan.


Andre menyarankan kepada pemilik mobil yang kerap berkendara sendirian, lebih baik melakukan rotasi ban setiap enam bulan hingga setahun sekali. Hal ini bertujuan agar kondisi seluruh ban pada mobil memiliki ketebalan yang merata.


"Ban lazimnya akan habis antara 1,5-2 tahun. Untuk memperpanjang umur, ban sebaiknya dirotasi," katanya.


Ban merupakan salah satu elemen penting pada kendaraan bermotor, kondisi ban yang tidak baik berpotensi menyebabkan kecelakaan saat berkendara. Karena itu, tekanan angin pada ban dan faktor kelayakan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya