Datsun Kasih 'Bocoran' Mobil Murah Terbaru di Indonesia

Datsun GO Panca
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVA.co.id - Tahun depan Datsun Indonesia bakal melahirkan produk terbarunya di Tanah Air. Datsun memang memproyeksikan bakal menghadirkan tiga mobil di Indonesia. Dua di antaranya sudah melakoni debut, yakni Datsun GO+ Panca, dan Datsun Go Hatchback.

Sejumlah pihak pun penasaran dengan mobil murah ketiga yang bakal dirilis Datsun di Tanah Air. Datsun hanya memberi kisi-kisi jika ketiga model yang dihadirkan di Indonesia akan berbeda.

Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh

Bila sebelumnya Multi Purpose Vehicle (MPV) dan hatchback sudah dihadirkan, kecenderungan mengarah ke pasar crossover. Hal itupun dibenarkan Datsun Indonesia beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, kandidat kuat yang santer disuarakan sejumlah pihak yakni Datsun Redi-Go. Crossover mungil dengan kapasitas mesin 800cc itu pun pernah diperkenalkan Datsun di Indonesia 2014 lalu. Namun, Datsun Indonesia membantah jika model tersebut akan dirilis di Indonesia.

Teranyar, santer terdengar bila mobil ketiga Datsun di Indonesia akan menggunakan platform Renault, yakni Kwid. Datsun sejauh ini memang merek yang muncul di bawah aliansi Renault-Nissan. Tak heran jika pabrikan otomotif itu kemudian memasarkan Kwid yang telah meluncur di India Mei 2015 lalu dengan harga sekira Rp50 jutaan.

Namun hingga kini, Datsun Indonesia masih bungkam terkait hal itu. Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, hanya menyatakan jika mobil ketiganya itu dipastikan bukan Redi-GO.

“Menurut saya untuk Indonesia saat ini (Redi-Go) bukan jawaban. Tapi saya tidak tahu jawabannya ke depan,” kata Indriani saat ditemui usai acara Kick Off Datsun Rising Challenger 2, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 13 Oktober 2015.

Menurutnya, Redi-Go yang notabene akan diluncurkan di pasar India berada di bawah Datsun Go, baik dari fitur dan spesifikasi. "Engine lebih kecil, kemudian size lebih kecil, sehingga posisinya dengan kita punya seperti Datsun Go, ini rada overlapping,” ujar wanita yang akrab disapa Indri.

Indri juga menyatakan, jika Datsun Indonesia menghadirkan Redi-Go, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kanibalisme antara Redi-GO dan produk Datsun lainnya. “Kita tidak mau ada kanibalisme. Kita maunya itu peluang pasar jadi lebih luas,” ucap Indri.

Kembali ke soal model baru, Indri masih bungkam seputar model yang akan dirilis. Pihaknya hanya menyampaikan bila pembukaan selubung mobil murah terbarunya bakal dilakukan tahun depan.

"Kita masih belum bicara soal itu, termasuk soal jenis, atau modelnya. Yang pasti, kita persiapkan mobil baru," ujarnya. "Mudah-mudahan kita lakukan tahun depan, yang pasti bukan tahun ini, karena semuanya membutuhkan proses." (ren)

Datsun Boyong Crossover Murah di GIIAS 2016
Mobil konsep Datsun GO-Cross.

Intip Penampakan Mobil Baru Datsun di GIIAS 2016

Datsun memboyong mobil konsep Go-Cross.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016