Datsun GO Akan Pakai Mesin 1.000cc

Datsun GO Panca edisi Persib.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ada beberapa orang yang tidak menyukai dua produk Datsun, yaitu GO dan GO+. Selain disebut-sebut memakai material yang kurang berkualitas, performa yang ditawarkan mesin 1.200cc dua mobil tersebut dianggap kurang mumpuni.

Kaget Lihat Mobil Anggota DPR RI Cantik yang Minta Dikawal TNI

Namun, hal itu tidak menyurutkan niat puluhan ribu orang Indonesia untuk membeli mobil tersebut. Dua faktor utama yang jadi andalan Datsun adalah tampilan menarik serta harga yang terjangkau.

Terkait dengan Datsun GO. baru-baru ini beredar kabar bahwa Datsun akan melengserkan mesin 1.200cc yang digunakan di mobil tersebut. Dilansir dari Indianautosblog, Rabu, 22 Juni 2016, sebagai gantinya Datsun akan memasang mesin berkapasitas 1.000cc.

Menparekraf Sandiaga Uno Dapat Rekor Muri Berkat Datsun GO

Meski kapasitasnya lebih kecil, namun tenaga yang dihasilkan diklaim tidak jauh berbeda, yakni hanya tiga tenaga kuda saja (68 daya kuda mesin 1.200cc dan 65 daya kuda mesin 1.000cc).

Mesin baru itu disebut-sebut akan dipasok oleh Renault. Pihak Nissan selaku induk perusahaan Datsun memang menjalin kerja sama dengan Renault. Kabarnya, mesin 1.000cc yang digunakan sama persis dengan yang dipasang pada Renault Kwid SCe.

Mobil Baru Datsun Masih Dijual Lho di Diler, Segini Besar Diskonnya

Alasan Datsun memakai mesin tiga silinder tersebut adalah karena biaya pembuatan mesin 1.200cc dianggap cukup tinggi. Beberapa komponen mesin disebutkan masih harus didatangkan dari negara lain.

Dengan mesin yang lebih kecil, otomatis harga jual Datsun GO bisa lebih murah. Sayangnya, hal ini tampaknya hanya berlaku untuk tipe yang diproduksi dan dijual di India saja.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya