Nasib Etios Valco di Indonesia Setelah Hadirnya Calya

Toyota Etios Valco versi facelift
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Sejak hadirnya segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC), penjualan citycar atau mobil berada satu tingkat di atasnya mobil murah cenderung kecil. Bahkan yang terbaru, segmen ini kedatangan model baru yang disebut-sebut sangat cocok bagi konsumen di Tanah Air. 

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

Terlebih harganya dibanderol terjangkau di bawah Xenia dan Avanza, yakni si kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Tak hanya itu, beberapa merek otomotif yang ikut andil di segmen citycar secara perlahan menyerah, bahkan undur dari persaingan segmen tersebut.

Penghentian penjualan citycar juga dikabarkan bakal dilakukan Toyota dengan produksinya, Etios Valco. Namun kabar tersebut langsung ditepis Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwanda. Kata dia, hingga saat ini Toyota masih menjual Etios Valco.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

“Tapi memang market (segmen Etios Valco) tidak besar, masih kalah dengan LCGC dan hatchback,” ujar Anton saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu 14 September 2016.

Menurut Anton, hingga saat ini penjualan mobil yang dipasarkan di Tanah Air sejak 2013 silam itu rata-rata terjual sekira 300 unit per bulan. Lantas, akankah Toyota melakukan penyegaran pada Etios Valco?

50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

“Untuk Etios Valco facelift kami belum ada rencana,” ucapnya.

Berikut daftar penjualan mobil citycar di Indonesia Agustus 2016:

1. Daihatsu Sirion = 324 unit

2. Mitsubishi Mirage = 294 unit

3. Nissan March = 207 unit

4. Etios Valco = 180 unit

5. KIA Picanto = 20 unit

6. Hyundai i10 = 7 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya