Siap-siap, Bakal Hadir Mobil F1 versi Jalan Raya

sketsa Hypercar dari Mercedes-AMG
Sumber :
  • paultan

VIVA.co.id – Mercedes-AMG membuat kejutan pada ajang Paris Motor Show 2016. Mereka mengumumkan akan memproduksi mobil super kencang, atau hypercar dengan banyak teknologi mobil Formula 1 yang disematkan.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Seperti dilansir CarAdvice, Jumat 7 Oktober 2016, mobil jalan raya yang akan dikembangkan Mercedes-AMG ini akan dijejali dengan teknologi balapan F1, seperti kinetic energy recovery system (KERS) dan sistem penggerak listrik.

Dengan paket F1 W07 yang digunakan tim balapan Mercedes dengan dibalut mesin turbo V6 1,6 liter ini, mobil ini akan dibatasi untuk menyentuh angka 15.000 rpm. Namun, kemungkinan besar akan sedikit dikurangi.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

"Kami telah mampu meningkatkan mesin F1 hingga 15.000 rpm, tetapi mungkin kami akan sedikit mengurangi, karena ini untuk jalan raya," kata AMG boss Tobias Moers.

Sedangkan untuk output dayanya, Mercedes-AMG sepertinya juga akan membatasi hingga 1.000 tenaga kuda. Namun, dengan tenaga itu, mobil ini tentu sudah cukup untuk melawan hypercar buatan Aston Martin dan Red Bull Racing.

Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

Menurut Moers, pihaknya kini tengah mempertimbangkan beberapa perubahan yang tentu disesuaikan dengan kebijakan dan kondisi, termasuk syarat-syarat yang dibutuhkan untuk dapat mengaspal di jalan raya.

Yang jelas, Moers berani memastikan bahwa mobil super kencang ini akan menjadi mobil hybrid paling irit. Sebab, selain akan menggunakan bahan serat karbon, mobil ini juga akan punya desain aerodinamis.

Meski untuk total produksi belum dibeberkan, namun Moers berani memastikan mobil ini tak akan diproduksi melebihi dari 300 unit. Begitu juga dengan kapan mobil ini akan diluncurkan, Moers masih enggan membeberkan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya