Salah Kaprah Soal Lampu Kabut

Foglamp mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Sejatinya, foglamp atau lampu kabut hanya didesain untuk membantu pengemudi menembus jalanan yang tertutup kabut.

Cara Mencegah Lampu Mobil Menguning

Karena fungsinya untuk memberi penerangan jarak dekat, daya listrik yang dipakai oleh bohlam lampu kabut tidak sebesar lampu utama.

Sayangnya, banyak pengemudi yang menyalakan lampu ini, meski cuaca saat malam hari cerah atau hanya turun hujan rintik. Mereka juga kerap mengganti bohlam dengan model lain yang memiliki daya pancar cahaya lebih terang, sehingga otomatis daya listrik yang dibutuhkan jauh lebih besar.

Produk Aftermarket Baru Semarakkan Pasar Otomotif Indonesia

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, mengatakan, mengganti bohlam lampu kabut dengan model yang kapasitasnya lebih besar sangat berbahaya, karena bisa membuat rumah lampu kabut meleleh.

Menurutnya, lampu kabut tidak bisa digunakan sebagai penerangan utama. Dan saat ini, kebanyakan lampu kabut yang dipasang pada mobil berfungsi bukan untuk menerangi jalan, melainkan hanya sebagai penanda bagi pengguna jalan lain.

Viral Lagi, Lampu Bohlam Tersangkut di Anus Pria Paruh Baya

Iwan mencontohkan, lampu kabut mobil Toyota rata-rata memakai daya sebesar 19 Watt. "Banyak konsumen merasa kurang terang, akhirnya diganti jadi 55 Watt," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta.

Karena daya yang lebih besar, otomatis panas yang dihasilkan juga meningkat. Bila diaktifkan dalam jangka waktu cukup lama, maka mika lampu bisa rusak dan rumah lampu meleleh. Bahkan bisa berpotensi memicu kebakaran.

Ilustrasi lampu mobil.

Sering Terjadi! Ini Dia Masalah yang Sering Muncul pada Lampu Mobil

Lampu mobil merupakan salah satu komponen penting yang menunjang keselamatan berkendara. Selain membantu penerangan saat kondisi minim cahaya, lampu mobil juga berfungsi

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024