Melirik Biaya Servis Alarm Mobil

Alarm mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Demi alasan keamanan, mobil-mobil saat ini telah dilengkapi dengan sistem alarm. Alat ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian. Namun, secanggih apa pun alarm mobil, tetap saja perangkat ini bisa sewaktu-waktu tidak berfungsi dengan baik. 

Keren, Suara Alarm Mobil Ini Bisa Bikin Joget

Jika mengalami hal demikian, tidak perlu khawatir. Sebab sudah banyak bengkel yang siap menangani masalah kerusakan alarm mobil. Salah satu tempat rujukan yang bisa Anda sambangi, yakni Pasar Inpres Otomotif, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Menurut Ivan, salah satu tenaga penjual toko aksesori Telaga Biru di Pasar Inpres Otomotif, biaya yang bakal dikenakan untuk servis alarm bervariasi. Namun banderol tergolong murah. "Jasanya variatif sih ya, tapi kalau yang ringan misalkan paling sekira Rp150 ribu sampai Rp300 ribuan. Prosesnya cepat, dua jam sudah betul lagi," kata Ivan saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 28 November 2016.

Jangan Panik, Begini Cara Matikan Alarm yang Bunyi Sendiri

Ivan menjelaskan, di pasaran saat ini juga banyak alarm aftermarket yang banyak dijual. Ragam alarm bisa dipilih menyesuaikan anggaran, dari termurah, termahal, hingga status bekas. "Ada, kalau mau yang bekas kami ada, yang baru juga ada, tinggal pilih saja maunya yang mana," katanya.

Soal harga, Ivan mengungkapkan, seperangkat alarm aftermarket yang didatangkan dari China dan Taiwan termasuk biaya pemasangan biasanya dijual sebesar Rp350 ribu sampai Rp700 ribu satu paket. Salah satu model alarm yang dijualnya yaitu Raiton berkisar Rp500 ribu satu paket.

Cara Matikan Alarm Toyota Calya Tanpa Remote

"Itu yang aftermarket, tapi kalau yang bekas juga ada yang Rp100 ribu sampai Rp200 ribu, tergantung bagus jeleknya barang," ujar dia.

Umumnya dalam satu paket alarm, pabrikan memberikan empat perangkat utama berupa sirine, modul, dan dua remote control yang memudahkan pemilik mobil untuk langsung mengganti perangkat alarm yang rusak. "Ya, tapi disarankan agar tidak memasang sendiri, soalnya perlu pengetahuan yang lebih jika ingin bagus alarmnya," katanya.

Ilustrasi kunci remote mobil.

Kenali 4 Penyebab Alarm Mobil Tak Bunyi Saat Dikunci

Para pengemudi pun kini memiliki reflek menekan tombol alarm mobil mengunci pintu setelah keluar dari mobil, tapi terkadang tak bunyi. Apa penyebabnya?

img_title
VIVA.co.id
23 November 2021