Remote Rusak, Matikan Alarm Mobil dengan Cara Ini

Alarm mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya menggunakan remote sebagai alat untuk membuka dan mengunci pintu mobil. Remote juga digunakan untuk mengaktifkan alarm mobil, sehingga mobil terlindung dari upaya membuka pintu secara paksa dan antistarter. Dengan fungsi ini, alarm dapat memproteksi mobil dari tindak kejahatan yang sampai saat ini masih marak terjadi. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tidak berfungsinya remote mengakibatkan hilangnya fungsi kendali remote pada alarm. Nahasnya jika remote tidak berfungsi saat alarm sedang aktif. Jalan satu-satunya harus menonaktifkan alarm terlebih dahulu, sehingga pintu mobil dapat dibuka atau ditutup tanpa bunyi alarm. Mobil pun dapat di-starter kembali. 

Cara menonaktifkan alarm pada setiap mobil berbeda-beda, tergantung jenis alarm yang digunakan. Pada beberapa mobil jenis MPV, alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Lalu masukkan anak kunci ke lubang starter.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan. Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti. Demikian seperti dilansir AstraWorld.

Setelah alarm berhenti berbunyi, maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan. Jika dilakukan dengan benar, maka alarm akan berhenti berbunyi dan berhasil dinonaktifkan. Selanjutnya mobil akan dapat di-starter kembali seperti semula. Namun,jika mengalami kesulitan dalam menonaktifkan alarm, dapat juga meminta bantuan teknisi ahli untuk melakukannya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Jika alarm sudah nonaktif, maka remote tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. Membuka atau mengunci pintu mobil dilakukan secara manual, menggunakan anak kunci. Sangat disarankan untuk tidak terlalu lama membiarkan kondisi seperti ini karena mobil tidak dilindungi sistem alarm sehingga lebih mudah dibuka secara paksa atau dicuri. Segera bawa mobil ke bengkel resmi agar alarm dapat diperbaiki dan kembali menjalankan fungsinya.
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022