Trik Mudah Matikan Alarm Mobil yang Berbunyi Sendiri

Alarm mobil.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Acapkali para pemilik mobil dihadapkan masalah alarm yang selalu berbunyi. Beberapa faktor penyebabnya karena sensor yang sangat sensitif akibat gerakan hingga pintu mobil tidak tertutup rapat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Karena terlalu sensitif, tak jarang keberadaan alarm justru jadi sangat mengganggu, lantaran akan terus berbunyi meski mobil sedang dalam keadaan aman dan kondusif. Apalagi bila bunyi alarm terus-menerus tersebut tidak bisa kita hentikan.

Penyebabnya yakni baterai central lock yang habis. Apabila baterai central lock pada mobil Anda habis, maka dengan terpaksa membuka kunci pintu mobil secara manual. Tentunya ini dapat menyebabkan kebisingan karena alarm akan terus berbunyi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi alarm mobil yang berbunyi terus menerus. Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Rabu 7 Desember 2016, pertama, jika alarm tersebut berbunyi terus menerus atau juga karena terlalu sensitif, Anda bisa menekan tombol kontrol pada remote central lock ke mode silent

Kedua, mengganti baterai remote. Langkah awal, Anda bisa mencari baterai jam yang cocok untuk remote central lock mobil agar bisa terbuka secara otomatis. Ketiga, alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Kemudian masukan anak kunci ke lubang starter, putar bolak-balik kunci kontak dari posisi “ACC” ke “ON” sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Sebelum berhenti berbunyi, biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti. Setelah alarm berhenti berbunyi, maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan.

Jika alarm sudah nonaktif, maka fungsi remote akan hilang. Setelah melakukan trik tersebut, disarankan mobil segera dibawa ke bengkel resmi agar fungsi remote dapat diaktifkan kembali.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022