Apa Kabar Mobil Nasional Esemka?

Mobil Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero, produsen mobil dengan merek Esemka, berencana menghadirkan produk perdana di akhir tahun ini. Hal itu diungkapkan langsung oleh Managing Director ACEH, Hosea Sanjaya.

Nekat Mudik, Tiga Pemuda Ini Dikarantina di Eks Pabrik Esemka

Setelah menunda peluncuran di bulan Agustus lalu, Hosea mengaku siap menghadirkan kendaraan berbentuk pikap di akhir 2016. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda pasti mobil karya anak bangsa tersebut akan mengaspal di Indonesia.

Saat VIVA.co.id coba melakukan konfirmasi terkait hal tersebut, Hosea enggan berkomentar. Ia hanya mengatakan, siap memberi tanggapan mengenai hal tersebut tahun depan. “Nanti awal tahun saja ya jawabnya,” katanya singkat.

Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?

Hal tersebut tentu saja menimbulkan pertanyaan, apakah mobil yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional perdesaan itu kembali ditunda peluncurannya?

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, saat ini izin produksi Esemka telah diterbitkan oleh Kemenperin.

3 Mobil Buatan Anak Bangsa yang Tak Kunjung Diluncurkan

“Telah diberikan izin produksi kepada perusahaan PT Solo Kreasi Manufaktur dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero,” ujar I Gusti di Jakarta, Selasa 29 November 2016.

Sebelumnya, Hosea mengatakan, pabrik Esemka yang terletak di Cileungsi, Jawa Barat, akan menjadi pabrik perakitan Esemka.

Sebagai informasi, pabrik Esemka di Cileungsi adalah bekas pabrik perakitan mobil asal Tiongkok, Geely. Pabrik ini menempati lahan seluas 40 hektare. Rencananya, pabrik tersebut akan memproduksi 30 ribu unit mobil Esemka setiap tahunnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya