Masih Banyak Orang Salah Kaprah tentang Karoseri

Bus tingkat Transjakarta.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemahaman masyarakat umum tentang karoseri ternyata masih sangat minim. Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), Sommy Lumadjeng menyebut, masih banyak publik yang tidak tahu apa itu karoseri.

VKTR Bangun Fasilitas EV CKD Pertama di Indonesia, Menhub Budi: Pemerintah Wajib Dukung

Dia menceritakan, ada calon konsumen dari kalangan pemerintahan yang menanyakan cara memesan karoseri. Rencananya, kendaraan yang akan dipesan adalah mobil pemadam kebakaran.

"Ada orang pemerintahan tanya, ada enggak brosur karoseri untuk kendaraan pemadam kebakaran. Saya tanya balik, damkar yang untuk 50 lantai apa untuk pedestrian dan kawasan padat penduduk. Karena, itu beda," kata Sommy di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2017.

VKTR Gandeng Karoseri Tri Sakti Bangun Fasilitas Kendaraan Listrik Komersil CKD Pertama di Indonesia

Dia mengungkapkan, membeli karoseri tak seperti membeli kendaraan roda empat pada umumnya, yang telah tersedia model dan calon konsumen tinggal memilih mobil yang diinginkan. Karoseri dibuat secara sangat khusus sesuai pemesanan.

"Beli karoseri enggak seperti beli mobil Avanza, sudah jadi dan sudah ada. Karoseri dibuat sesuai yang dipesan. Ternyata, pemahaman orang itu beda-beda. Bahkan, orang pemerintahan juga enggak tahu apa itu karoseri," ungkapnya.

Karoseri Adiputro Rilis Jetbus 5 di Ajang GIIAS 2023

Sommy menjelaskan, karoseri adalah industri yang membuat badan kendaraan. Untuk komponen lain, seperti sasis dan mesin, didatangkan dari pabrikan otomotif. Selain membuat bus dan truk, karoseri juga memproduksi kendaraan khusus ambulans.

Menurut dia, pameran transportasi yang memamerkan karoseri pada Maret 2017 mendatang menjadi sarana tepat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang karoseri.

"Saya rasa, pameran nanti itu penting untuk mengetahui karoseri lebih jauh. Karena, di situ ada interaksi penjual dan pembeli," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya