Motor Mogok Setelah Dicuci, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi aki sepeda motor
Sumber :
  • Youngchoppers

VIVA – Memasuki musim penghujan, memaksa pemilik sepeda motor bekerja ekstra. Upaya bersih-bersih dilakukan, guna menjaga tampilan kendaraan.

Ditlantas Polda Metro: Kami Tidak Bakal Tilang yang Stut Motor

Namun beberapa kalangan sering mengeluh, bahwa sesaat setelah dibersihkan, motor menjadi sulit dinyalakan. Hal itu bertambah buruk, apabila sang pemilik ingin segera menggunakannya di waktu dekat.

Dilansir Wahana Honda, Sabtu 11 April 2019, kurangnya pengetahuan pemilik motor terkait cara membersihkan kendaraan yang benar, merupakan alasan utama mengapa mesin mendadak mogok setelah dicuci.

Motor Tiba-tiba Mati seperti Habis Bensin? Ini 6 Penyebabnya

Sebab, teknik memandikan motor yang salah, membuat bulir-bulir air menyusup masuk ke tempat yang tidak seharusnya. Salah satu yang berbahaya, adalah membasahi bagian float chamber, atau sering disebut mangkuk karburator.

Perlu diketahui, karburator merupakan peranti yang bertugas sebagai sistem pengabutan motor. Di sanalah terjadi pencampuran merata antara bahan bakar dengan sirkulasi udara. Apabila air masuk ke dalamnya, proses kerja tersebut akan terhambat, atau lebih parahnya lagi: berhenti secara total.

Motor Injeksi Mati Saat Digas? Ini 9 Penyebabnya

Namun, jika mangkuk karburator terlanjur basah, jangan khawatir. Solusinya adalah dengan membuka bagian tersebut. Dengan satu catatan, pemilik sepeda motor harus terlebih dahulu menutup keran bensin.

Setelah itu, buka bautnya, lalu tumpahkan seluruh air yang tertampung di dalamnya. Jika sudah benar-benar kering, pasang kembali baut di mangkuk karburator. Tunggu beberapa saat hingga motor mulai dinyalakan.

Selain mangkuk karburator, cop busi juga menjadi alasan utama mengapa motor menjadi mogok. Komponen ini terletak di bagian terluar mesin, sehingga mudah tersiram air.

Hampir sama seperti langkah sebelumnya, pemilik sepeda motor hanya perlu melepas bagian tersebut, kemudian bersihkan seluruh titik yang basah, dengan membasuhnya menggunakan kain yang kering. Jika sudah, pasang lagi ke posisi awal. Serupa karburator, tunggu sejenak sampai mesin mulai dihidupkan.

Meski langkah-langkah itu terbilang mudah, namun bukan berarti sang pemilik boleh mengulangi kesalahan serupa. Sebab, jika sudah sering basah, komponen tersebut pasti mulai kehilangan fungsi, atau lebih parahnya lagi, tak bisa digunakan sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya