Motor Tiba-tiba Mati seperti Habis Bensin? Ini 6 Penyebabnya

Mekanik bengkel motor.
Sumber :
  • YouTube

VIVA –  Saat Anda mengendarai motor, lalu tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin, jangan panik dahulu. Karena ada beberapa penyebab, yang bikin itu terjadi dan cara mengatasinya.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Seperti dilansir dari situs resmi Suzuki, setidaknya ada 6 penyebabnya yang bisa Anda cek.

1. Ventilasi Bensin

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Kesumbat Ventilator bensin memiliki peran penting dalam menyalurkan udara dan mendorong bensin agar bisa sampai ke bagian karburator. Apabila ventilasi tersumbat dan sirkulasi udara tidak dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Daftar Harga dan Diskon Lima Motor Honda pada Akhir Juli 2021

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Cara atasinya dengan membersihkannya, yaitu buka penutup bensin dari tangki kemudian Anda semprotkan udara yang berasal dari kompresor mengarah ke bagian ventilasinya.

2. Mesin Panas

Overheat merupakan keadaan yang sangat tidak aman bagi sebuah kendaraan. Apabila suatu kendaraan mengalami overheat, kendaraan akan mengalami penurunan kinerja, terparah bisa mati.

Jika hal tersebut Anda alami, silahkan menepi terlebih dahulu. Jangan paksakan kendaraan terus melaju agar tidak menimbulkan sesuatu yang lebih fatal. Setelah itu, matikan mesin dan tunggu sampai suhunya menurun.

3. Busi Kotor

Apabila busi mengalami masalah, tentu akan memberikan dampak terhadap performa kendaraan, dan salah satunya mesin bisa tiba-tiba mati. Cara untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan melepas busi dan membersihkannya.

4. Cop Busi Kurang Rapat

Cop busi atau yang lebih dikenal dengan sebutan cangklong apabila kurang rapat dalam pemasangannya akan menyebabkan busi terkena rembesan air.

Nah, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi keadaan yang demikian tersebut adalah dengan membeli cop busi dilengkapi karet pelindungnya sekalian. Pastikan pula sambungan yang mengarah ke kabel koil.

5. Masalah di Main Jet

Main jet merupakan komponen mesin kendaraan yang fungsinya menyalurkan bensin agar bisa sampai ke ruang pembakaran. Lebih sederhananya, main jet menyuplai bensin ke ruang pembakaran.

Anda harus segera membersihkannya. Caranya, lepaskan main jet dari karburator. Kemudian, bersihkan seluruh bagiannya menggunakan kompresor sebagaimana saat Anda membersihkan bagian pilot jetnya.

6. Kran Bensin

Kran bensin letaknya berada di dekat tangki. Bagian tersebut memiliki tiga titik, yaitu RES, ON dan OFF. RES merupakan indikator bensin cadangan. Apabila bensin Anda sudah habis dalam posisi ON, ubah posisinya menjadi RES agar mesin bisa tetap menyala menggunakan bensin cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya