Gak Mau Kalah dari Honda, Yamaha Bikin Pesawat Terbang

Logo Yamaha.
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Honda dikenal sebagai perusahaan otomotif, yang tidak hanya membuat mobil dan motor saja. Pabrikan asal Jepang itu, juga memiliki divisi khusus yang bergerak dalam bidang pembuatan pesawat terbang.

Yamaha Meluncurkan Motor Listrik yang Canggih

Produk mereka yang diberi nama HondaJet, sudah mengantongi sertifikat dari Federal Aviation Administration pada 2015 silam, dan tahun lalu telah dipasarkan sebanyak 150 unit.

Burung besi yang bisa ditumpangi 6-8 orang itu, bisa melesat hingga kecepatan 780 kilometer per jam dan menempuh jarak sejauh 2.600 kilometer.

Yamaha MX King dengan Ubahan Baru Harganya Rp24 Jutaan

Ternyata, mereka bukan satu-satunya produsen motor yang tertarik dengan dunia aviasi. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rideapart, Senin 6 Juli 2021, Yamaha dikabarkan baru saja meneken kerja sama dengan perusahaan Jepang bernama ShinMaywa.

Perusahaan yang berdiri sejak 1949 itu bergerak dalam bidang penyedia komponen untuk pabrik pesawat terbang ternama, yakni Boeing. Mereka juga memiliki beberapa model hasil rancangan sendiri, yang umumnya digunakan untuk keperluan militer.

Tampilan Baru Yamaha Gear 125 Harganya Rp17 Jutaan

Nantinya, Yamaha akan bertugas untuk mengembangkan mesin dari model terbaru. Sementara, ShinMaywa bertanggung jawab atas desain serta komponen lain yang dibutuhkan.

Sampai saat ini belum diketahui, pesawat apa yang bakal mereka ciptakan. Namun, ada bocoran bahwa dimensinya tidak akan besar, sehingga Yamaha hanya perlu menyiapkan mesin dengan kapasitas sedang saja.

Rencana Yamaha untuk berkiprah di dunia aviasi sebenarnya sudah dicetuskan sejak era 1980-an, namun sampai saat ini mereka hanya membuat mesin untuk hang glider dan helikopter nirawak saja.

Dengan adanya akses ke teknologi pesawat terbang, bukan tidak mungkin nantinya mereka bisa memanfaatkan hal itu untuk menciptakan sepeda motor terbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya