Sarjana Teknik Mesin Nangis Lihat Ulah Pemilik Sepeda Motor Ini

Sarjana Teknik Mesin Nangis melihat Kelakuan Pemilik Sepeda Motor
Sumber :

VIVA –  Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pemilik sepeda motor adalah mencoba sendiri, membongkar pasang komponen motor di rumahnya. Tujuannya agar ketika sepeda motornya rusak maka pemiliknya bisa membetulkannya sendiri.

Pemilik Motor Ini Bisa Bikin Tukang Tambal Ban Menangis

Jika memang mengerti secara teori dan praktiknya tidak masalah, karena masalah akan terjadi jika pemilik sepeda motor tersebut tidak memiliki pengetahuan baik secara teori maupun praktik.

Apalagi ketika pengetahuannya baik secara teori maupun praktik sedikit soal teknik mesin sepeda motor, tapi berani bereksperimen melakukan hal-hal baru.

Gara-gara Bunyikan Klakson, Pemuda di Maros Tewas

Karena ketika membongkar mesin sepeda motor, tentu perlu keterampilan khusus serta peralatan yang mumpuni agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Tapi kadang ada saja perilaku yang kocak ditemui yang bisa bikin sarjana teknik mesin nangis saat membongkar mesin, seperti foto yang diunggah oleh akun Facebook Elga Toretto.

Penjualan Sepeda Motor Honda Turun

Dalam foto yang diunggah, dikutip VIVA Otomotif Rabu 29 September 2021, tampak seseorang yang tengah melakukan oprek mesin motor, dalam foto tersebut terlihat blok mesin tergeletak di tanah.

Sedangkan dalam foto tersebut terlihat adonan bakso yang diletakkan di atas kertas, yang menjadi penasaran apa fungsi adonan bakso  dalam proses membongkar mesin tersebut?

Menurut pengunggah foto, adonan bakso tersebut digunakan sebagai pengganti lem mesin. Jadi, adonan bakso tersebut nantinya akan ditempelkan ke blok mesin tersebut guna merekatkan bagian-bagian mesin. "Orang susah mah kudu kreatif, Gak ada lem perpak pakenya adonan bakso, penting no bocor," tulis akun tersebut.

Normalnya perekat antar komponen mesin itu menggunakan paking atau istilah resminya disebut gasket, penggunaan komponen ini berguna mencegah terjadinya kebocoran, baik pada kompresi, gas pembakaran oli, maupun air pendingin.

Direkatkan atau dipasang di atas permukaan dua objek, komponen ini berisi fluida. Karena itu, apabila terjadi kebocoran, hal ini tentu sangat berbahaya.

Komponen ini juga berfungsi menjadi penyekat diantara cylinder block dan head cylinder, sehingga tidak terjadi kebocoran oli. Tak hanya itu, komponen ini juga harus tahan panas serta tekanan saat mesin digunakan.

Karena pada praktiknya, paking harus mampu bekerja sama dengan sambungannya, sehingga bekerja secara maksimal. Komponen ini juga berfungsi untuk mempertahankan kebutuhan kerapatan serta mencegah kebocoran ketika terjadi proses kompresi.

Tujuannya, agar ruang bakar bisa tertutup dengan sempurna dan kompresi maksimum bisa terjadi di ruang bakar. Lalu apa jadinya bila fungsi paking digantikan adonan bakso.

Makanya sontak postingan tersebut mendapatkan komentar beragam dari netizen, "engineer Jepang ketar-ketir," bilang akun Tanuwidjadja Lin Hartanto.

"Kalo adonannya kepanas langsung matang tingga dikecapin sama saosin aja terus dimakan," tulis akun Parikesit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya