Motor Keren Ini Cocok Buat Sultan, Cuma Ada Sedikit di Dunia

KTM 1300R Brabus
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Setiap brand mobil yang ada di dunia memiliki rumah modifikasi masing-masing untuk membuat produk-produk buatannya berbeda dibandingkan edisi standar. Seperti halnya Mercedes-Benz dengan Brabus, dan AMG.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Brabus biasanya lebih fokus mengubah penampilan dari mobil Mercedes-Benz, sedangkan AMG bukan sekadar penampilan melainkan membuat mesin khusus dengan tenaga yang lebih buas dari edisi pabrikan.

Selain Mercedes-Benz, Brabus juga menjalin kerjasama dengan brand kendaraan roda asal Austria, yakni KTM. Kolaborasi itu melahirkan sebuah produk spesial yang dibuat dalam jumlah terbatas untuk pasar global.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Produk yang dimaksud adalah versi modifikasi dari KTM 1290 Super Duke R, berkat sentuhan beberapa komponen buatan Brabur, moge itu memiliki penampilan lebih garang dan gagah dari versi pabrikan.

Melansir Paultan.org seperti dikutip Viva Otomotif, Senin 14 Februari 2022, moge tersebut diberinama Brabus 1300R yang diproduksi dalam jumlah terbatas dengan pilihan warna magma red, dan signature black.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Moge bergaya telanjang itu dibuat hanya 77 unit di dunia, dari total produksi Duke RR 154 unit. Jika para sultan tertarik meminang produk spesial tersebut bisa melakukan pemesanan di situs resmi KTM dengan harga dirahasiakan.

Perbedaan dengan versi standar, Brabus membuat beberapa komponen seperti lampu depan LED bulat, knalpot dengan dua saluran, dan pelek monoblock dengan bahan lebih ringan.

Selain itu untuk mengurangi bobotnya menjadi lebih ringan, bodinya terbuat dari bahan karbon yang meliputi spakbord depan, fender, buntut belakang, pelindung mesin, soakoar belakang, penutup lampu depan, terkecuali tangki.

Jantung pacunya berkapasitas 1.301cc delapan katup dengan konfigurasi V-twin. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan mencapai 180 dk di 9.500 rpm, dan torsi 140 Nm di 8.000 rpm.

Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 kilometer per jam hanya butuh waktu 3,2 detik. Mengingat tenaganya yang besar, pada bagian kaki-kaki Brabus juga menyematkan suspensi WP Apex semi-active yang memiliki enam pengaturan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya