Terungkap Mesin Terbaru dari Motor Honda

Mesin motor baru Honda
Sumber :
  • RideApart

VIVA Otomotif – Baru-baru ini, Honda sedang mengembangkan sebuah mesin baru untuk produk motornya. Mesin tersebut adalah All-New 750cc yang mulai terungkap ke hadapan publik.

Daftar Harga Motor Bebek Yamaha Terbaru per Mei 2024, Ada Apa Saja?

Mesin baru itu diberi nama Hornet Concept, yang sejatinya mirip dengan pedahulunya yakni 745cc yang saat ini menggerakkan NC750X, Forza 750, dan X-ADV. Namun, konsep dari mesin ini mendapatkan pembaruan, salah satunya tenaga.

Dikutip VIVA dari RideApart, Minggu 11 September 2022, lebih detailnya mesin ini menggunakan unit Unicam 755cc, kembar paralel, delapan katup. Bahkan tenaga yang dihasilkan lebih besar dari pada versi sebelumnya.

Pemuda di Sukabumi Bunuh Ibu Kandung Pakai Garpu Tanah, Alasannya Kesal Tak Dibelikan Motor

Motor adventure Honda

Photo :

Bicara soal performa, mesin itu diklaim memiliki tenaga mencapai 92 daya kuda pada 9.500 rpm, dengan torsi 55,3 Newton meter pada 7.250 rpm. Diketahui, untuk mesin sebelumnya hanya mencapai tenaga sekitar 58 tenaga kuda pada 6.750 rpm.

Terpopuler: Ahli Ungkap Jeroan Bus Maut Subang, Koleksi Kepala Bea Cukai yang Dicopot

Untuk perbedaan, mungkin hanya ada 10cc perbedaan perpindahan nominal di antara mesin, tetapi cukup jelas hanya dari angka-angka tersebut bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam tenaga yang dihasilkan untuk setiap mesin. 

Perusahaan asal Jepang ini mengatakan bahwa mesin baru ini cukup jelas dan menjadi lebih mencolok, lebih menarik jika disematkan pada model baru. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menyediakan kualitas produk terbaik untuk konsumennya.

"Kami selalu menyiapkan motor yang sangat spesial bagi Honda. Performa yang cukup baik dan menarik selalu dikombinasikan dengan penanganan yang fleksibel serta gesit, ”kata Wakil Direktur Proyek Besar Honda, Fuyuki Hosokawa.

Lebih lanjut, dia menambahkan sebelum memulai proyek mesin baru ini, pihaknya banyak berpikir tentang performa seperti apa yang ingin diberikan kepada pengemudi. Setelah banyak melakukan penelitian, mulai lah mereka membuat konsep mesin terbarunya ini.

"Adanya mesin baru ini, kami ingin mesin tersebut dapat menyesuaikan rasa torsi yang sangat kuat dan performa yang paling unggul di jajarannya," tambahnya.

Sedikit informasi, konsep mesin ini tidak semerta hanya menghasilkan tenaga yang baik, tetapi juga bentuk yang sporty dan ideal cocok untuk berkendara di lingkungan perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya