Motor Pengantar Makanan Ini Disematkan Mesin Listrik

Ilustrasi gambar motor listrik Aidea
Sumber :
  • RideApart

VIVA Otomotif – Saat ini keberadaan kendaraan listrik mulai digunakan oleh konsumen, termasuk sepeda motor. Banyak dari mereka menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut untuk aktivitas sehari-hari.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Namun, adanya perkembangan pengguna, membuat sepeda motor bermesin listrik kerap digunakan untuk bisnis. Maka dari itu, banyak produsen otomotif mulai menghadirkan motor listrik kepada konsumennya yang memiliki usaha, salah satunya makanan.

Hal itu dilakukan oleh perusahaan asal Aidea yang baru saja meluncurkan skuter bermesin listrik di pasar otomotif Jepang. Kuda besi itu diberi nama AA-Wiz yang menawarkan tiga varian di antaranya Alpga, Beta, dan Pro.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Ilustrasi gambar motor listrik Aidea

Photo :
  • RideApart

Dikutip VIVA dari RideApart, Selasa 22 November 2022, perusahaan asal Jepang ini menjual model tersebut dikhususkan untuk komersial dalam melayani layanan pengiriman jarak jauh, termasuk makanan. Langkah ini dilakukan agar lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi gas buang.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Secara tampilan, kuda besi ini memiliki desain futuristik yang super praktis. Hal itu terlihat dari lekukan bodi yang sangat tajam dan fasia depan yang tampak menurun, disematkan lampu LED yang sama pada skuter listrik umumnya.

Sebagai kendaraan pengantar makanan, AA-Wiz ini memiliki kompartemen bagasi yang cukup luas terintegrasi untuk bagian depan dan belakang. Diketahui, model ini dirancang oleh desainer asal Italia bernama Claudio Zanchini.

Bicara soal performa, model ini disematkan paket baterai lithium-ion tipe satu Moped dengan kapasitas 3,85 kWh. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 4.06 kW dengan perpaduan gearbox Integral Wheel Hub Motor.

Lebih lanjut, kendaraan ramah lingkungan ini memiliki jangkauan 123 km dalam sekali pengisian daya. Untuk pengecasan, model ini menggunakan sistem pengisian daya 200V/100V untuk penggunaan di rumah, dan adaptor agar kompatibel dengan pengisi daya di luar.

Sorotan lainnya, AA-Wiz ini dilengkapi dengan layar LCD digital besar yang menghadirkan informasi saat berkendara. Ditambah di bagian bawah stang terdapat port USB untuk mengisi daya perangkat pemilik.

Sebagai tambahan informasi, Aidea menawarkan tiga varian dengan harga yang berdeda-beda. Untuk versi Alfa dan Beta dihargai 528.000 yen atau setara Rp58 juta, sementara varian Pro dibanderol 539.000 yen atau sekitar Rp59 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya