Tahun Depan Ada Motor Listrik Harga di Bawah Rp20 Juta

Motor listrik buatan lokal dari United E-Motor Tech
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Pasar motor listrik di Indonesia mulai berkembang, seiring upaya pemerintah untuk mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan tersebut di Tanah Air.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Salah satu pabrikan otomotif kendaraan roda dua, PT Terang Dunia Internusa berencana menghadirkan motor listrik dengan harga terjangkau di tahun depan. Melalui brand United E-Motor Tech akan merilis beberapa produk baru tersebut.

Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI), Henry Mulyadi mengatakan bahwa pihaknya menyambut upaya pemerintah yang saat ini tengah mendorong penjualan kendaraan listrik. Bahkan mereka telah menyiapkan line up sebagai bentuk keseriusan perusahaan.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Perencanaan motor listrik di tahun depan dari United E-Motor Tech

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

"Tahun depan, kami sudah menyiapkan line up terkait motor listrik yang akan kami luncurkan, terutama ada produk motor listrik dengan harga di bawah Rp 20 juta," ujar Henry di Tangerang, dikutip VIVA Rabu 28 Desember 2022.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Lebih lanjut, pihaknya telah menyiapkan beberapa model motor listrik yang akan ditawarkan kepada konsumen. Ditambah perusahaan mengklaim kendaraan tersebut hasil rancangan produksi lokal di Indonesia.

"Produk United E-Motor Tech memiliki persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup besar, sekitar 50 persen untuk produksi 2023. Jadi tidak diragukan lagi bahwa produk United E-Motor Tech sangat berperan dalam pertumbuhan perekonomian nasional," tambahnya.

Perlu diketahui, pemerintah indonesia berencana memberikan subsidi dalam pembelian kendaraan listrik, termasuk motor. Salah satu syarat tersebut yakni pabrikan otomotif harus memproduksi kendaraan di Indonesia.

Adanya dukungan tersebut, motor listrik buatan United E-Motor ini diperkirakan akan mendapatkan mendapatkan subsidi Rp8 juta untuk setiap pembelian satu unit. Menurut perusahaan, hal ini dapat mendorong perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Gerakan positif dari pemerintah untuk mendorong perkembangan industri otomotif berbasis listrik. Kami sebagai produsen motor listrik United E-Motor Tech optimis dan mendukung penuh kebijakan tersebut," jelas Henry.

Sekadar informasi, diperkirakan harga satu unit motor listrik dari United E-Motor Tech yang bakal diperkenalkan tahun depan ini dibanderol mulai Rp15 juta. Angka tersebut, belum termasuk subsidi dari pemerintah.

"Dengan adanya subsidi, bila subsidi itu benar Rp8 juta per unit, itu sudah dipastikan kami bisa menjual harga di bawah Rp10 juta," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya