Para Penunggang Moge Ini Punya Profesi yang Sama

VIVA Otomotif: Komunitas moge MedDocs Indonesia
Sumber :
  • Instagram @meddocs_jakarta

VIVA Otomotif – Komunitas moge atau komunitas pecinta sepeda motor berkapasitas mesin besar, menjadi semakin populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Komunitas ini terdiri dari orang-orang yang memiliki hobi yang sama, yaitu mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar, seperti Harley Davidson, Ducati, BMW, dan sejenisnya.

Komunitas moge biasanya terbentuk dengan tujuan untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan berbagi pengalaman serta informasi tentang sepeda motor.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Selain itu, mereka juga mengadakan acara dan kegiatan bersama, seperti touring, bakti sosial, atau gathering, yang menjadi ajang untuk saling bertukar informasi dan pengalaman.

Salah satu contohnya yakni komunitas moge MedDocs Indonesia, yang pada hari ini merayakan ulang tahun ke-14 di Jakarta. Sesuai namanya, para anggota dari klub motor ini punya profesi yang sama, yaitu dokter medis.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

“Semua diawali tahun 2008, beberapa dokter yang hobi naik moge berkumpul di Jakarta dan kami sepakat untuk mendirikan MedDocs, singkatan dari medical doctors,” ujar salah satu pendiri komunitas MedDocs Indonesia, dr Hanrizal Satria SpOT-KSpine, dikutip Minggu 12 Maret 2023.

VIVA Otomotif: Acara komunitas moge MedDocs Indonesia

Photo :
  • Dok: MedDocs Indonesia

Seperti halnya dengan komunitas lainnya, komunitas moge juga memiliki beberapa tantangan. Salah satu tantangan terbesar adalah keselamatan dalam berkendara.

Seiring dengan meningkatnya jumlah anggota dan popularitas, terdapat pula risiko kecelakaan yang dapat terjadi saat berkendara dalam kelompok yang besar.

“Kami menampung semua kegiatan yang senang sama moge, ada charity, pelatihan kesehatan, menolong bencana alam. Karena kami dokter, jadi harus menjaga sesuatu yang baik supaya tidak dianggap arogan dan sebagainya,” tuturnya.

MedDocs Indonesia saat ini sudah memiliki anggota hampir 500 orang, yang tersebar di beberapa chapter mulai dari Bandung, Jogja, Jawa Tengah, Bali, hingga beberapa kota di Sumatera dan Sulawesi.

Selain beranggotakan bikers yang berprofesi sebagai dokter, MedDocs Indonesia juga memiliki anggota yang non dokter yang populer dengan sebutan MedDocs and Friends.

“Motor kami 400cc ke atas dengan berbagai merek, kami tidak membatasi merek tertentu. Kami mengakomodasi teman-teman yang punya moge di bawah 400cc, tapi sifatnya kearifan lokal, masing-masing chapter dan subchapter,” ungkap Presiden MedDocs Indonesia yang baru saja terpilih, Dr dr Andjar Bhawono SpOT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya