Motor Listrik yang Tidak Ribet Ngecas Ini Dapat Subsidi

VIVA Otomotif: Motor listrik Smoot Zuzu
Sumber :
  • Dok: Smoot

VIVA Otomotif – Pada 20 Maret yang lalu, pemerintah resmi mengeluarkan peraturan terkait bantuan bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik dengan besaran Rp7 juta per unit. Kebijakan ini diambil untuk mendorong percepatan peralihan kendaraan dari model konvensional ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Apple Luncurkan iPad Pro Pakai Chipset M4, Segini Harganya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pedoman pemberian subsidi kendaraan bermotor listrik menitikberatkan pada besarnya Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN.

Chief Executive Officer Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, menjelaskan bahwa beberapa hari sebelum Peraturan Menteri Perindustrian nomor 6 tahun 2023 itu dihadirkan, seluruh varian motor listrik yang diproduksi oleh perusahaannya telah tersertifikasi TKDN oleh Kementerian Perindustrian.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Smoot Tempur Facelift memiliki TKDN sebesar 47,61 persen, sementara Smoot Zuzu memiliki TKDN sebesar 47,88 persen. Dengan demikian, motor listrik buatan Smoot ini bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp7 juta per unit.

VIVA Otomotif: Motor listrik Smoot Zuzu

Photo :
  • Dok: Smoot
Dihadiri Sederet Bintang Dunia, Segini Harga Tiket Met Gala yang Fantastis

Sebagai gambaran, setelah dikurangi insentif, harga Smoot Tempur Facelift turun dari Rp18.500.000 menjadi Rp11.500.000 on the road Jadetabek. Sedangkan harga Smoot Zuzu turun dari Rp19.900.000 menjadi Rp12.900.000.

Irwan mengatakan bahwa Permenperin tersebut semakin memantapkan antusiasme masyarakat untuk beralih ke motor listrik dan mereka menyambut baik program ini. Smoot bisa menjadi pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan kepada masyarakat.

“Hingga saat ini, Smoot telah menerima ribuan pendaftar yang ingin mengikuti program subsidi motor listrik. Pelanggan tidak perlu khawatir tentang layanan purna jual karena Smoot memiliki tingkat komponen lokal yang tinggi, sehingga sparepart dan material lokal sudah tersedia,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 22 Maret 2023.

Irwan juga menjelaskan bahwa berkat teknologi dari SWAP Energy, pengguna Smoot dapat dengan mudah menukar baterai motornya di 1.000 titik strategis SWAP Station yang tersebar di Alfamidi, Alfamart, Dan+Dan, BP-AKR, Circle-K, Shell, Haus, serta Martabak Pecenongan 78. SWAP Energy menjamin para pengguna Smoot Motor Listrik tidak akan kehabisan baterai saat berkendara.

Irwan menargetkan lebih dari 10.000 Swap Station dalam waktu dekat. Dengan semakin banyaknya lokasi penukaran baterai, para pengguna Smoot juga semakin nyaman dan bisa menukar baterai di mana saja kapan saja tanpa ragu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya