Kementerian Pertahanan Kembangkan Motor Listrik Tempur untuk TNI-Polri

Motor listrik tempur produksi Len Industri pesanan Kementerian Pertahanan
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Indonesia saat ini sedang mengembangkan motor listrik militer, bernama E-Tactical Motor Bike. Kendaraan roda dua turut meramaikan ajang Inabuyer EV Expo 2023. 

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Motor listrik tempur ini dikembangkan oleh Eltran Indonesia, anak perusahaan dari Len Industri (Persero) dan akan digunakan oleh TNI serta Polri

Regina selaku Business Development PT Len Industri (Persero) mengungkapkan sejauh ini sudah 100 unit kendaraan E-Tactical Motor Bike disalurkan untuk Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan juga Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Motor listrik tempur produksi Len Industri pesanan Kementerian Pertahanan

Photo :
  • Arianti Widya

"Kami sudah menyalurkan 100 unit sebagai simbolis untuk dipergunakan di Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Polri," ujarnya saat ditemui di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, dikutip VIVA Otomotif

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Regina juga mengungkapkan bahwa nantinya ada 3.000 unit motor listrik tempur ini yang akan diserahkan untuk TNI dan Polri. Namun, hal ini akan dilakukan secara bertahap. 

Terkait dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri, Regina mengklaim motor listrik ini sudah sebanyak 61 persen. 

"Motor listrik ini TKDN nya sudah mencapai 61 persen," tuturnya. 

Lebih lanjut, Regina menegaskan bahwa motor trail ini belum dijual untuk umum, dan baru diperuntukkan bagi instansi TNI dan Polri saja.

E-Tactical Motor Bike ini dibagi menjadi dua tipe yaitu varian standar yang lebih diperuntukkan sebagai motor dual purpose dan varian Militer yang diperuntukkan untuk off-road. 

Motor listrik tempur produksi Len Industri pesanan Kementerian Pertahanan

Photo :
  • Arianti Widya

Spesifikasi E-Tactical Motor Bike Varian Militer

Untuk varian militer, telah disematkan baterai yang lebih besar, yaitu 72V 50 Ah dengan motor listrik bertenaga 16,5 daya kuda dan torsi maksimal 55 Nm. 

Motor listrik tersebut memiliki kecepatan puncak 90 km/jam dengan jarak tempuh lebih panjang, mencapai 70 hingga 100 km dalam sekali pengisian baterai. 

Tidak hanya itu, untuk pengecasan dengan metode fast charging dari 0 hingga 80 persen yang hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dan 4 jam untuk pengisian normal. 

Sebagai informasi, E-Tactical Motor Bike memiliki dimensi 2.045 mm x 755 mm x 1.195 mm (PxLxT). Untuk area kaki-kakinya, menggunakan ban offroad dengan ukuran 80/100/21 di depan dan 100/100/18 untuk bagian belakang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya