Sekali Isi Baterai, Motor Listrik Zero Bisa Tempuh 300 Km

Motor listrik Zero Motorcycle
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Motor listrik buatan Amerika Serikat, Zero Motorcycles, akhirnya resmi mengaspal di Tanah Air. Empat varian motor itu diboyong langsung oleh PT Garansindo Technologies.

Bicara kelebihan, motor dengan bahan bakar utama listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 300 kilometer dalam setiap kali pengisian baterai.

“Zero Motorycles memberikan pengalaman riding yang berbeda dari motor lainnya, serta memiliki performa dahsyat, yaitu catatan waktu 0-100 kilometer per jam hanya dalam 3,3 detik, serta jarak tempuh hingga 300 km," ujar Rieva Muchsin, presiden direktur Garansindo Technologies, di sela peluncurannya di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 12 Juni 2015.

Namun, bagi calon konsumen yang tertarik untuk memilikinya, ada satu hal yang perlu diketahui sebelumnya, terkait dengan musim hujan yang sering melanda Tanah Air.

Dalam peluncurannya, Dhani M. Yahya selaku Managing Director Garansindo Technologies menyebutkan bahwa Zero Motorcycles telah mengalami uji coba mengenai hal ini, sehingga motor listrik ini memiliki kemampuan yang sama untuk 'menerjang' banjir.

"Motor ini sudah digunakan untuk militer di negara asalnya, sehingga sudah ada uji coba mengenai hal ini. Motor Zero sama dengan motor biasanya, tetapi tentu kami sarankan tidak nekat menerobos banjir," ujarnya.

Motor ini sangat mudah untuk sistem pengecasan. Hanya perlu dialirkan ke aliran listrik, seperti biasanya menggunakan alat elektronik.

Lebih jauh, Dhani mengatakan bahwa Zero Motorcycle memiliki daya listrik mulai dari 600 sampai 1.300 watt.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

"Sangat mungkin diisi (charge) di rumah. Untuk pengisian penuh, motor ini membutuhkan waktu sampai dengan delapan jam. Namun, disediakan rapid charge yang akan menghemat waktu, sehingga pengisian full hanya 2,5 jam," kata dia.

Karena tegangan listrik sering naik turun, ia juga menganjurkan akan lebih baik menggunakan stabilizer minimum 1.300 watt. "Stabilizernya kami jual juga." (asp)

Terra Motors XMAN Blade

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Sayang pihak Jaya Mimika Lestari masih enggan bocorkan harganya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016