Motor Bertenaga Brutal Ini Pecahkan Tiga Rekor Dunia

Madmax Streetfighter.
Sumber :
  • Gizmag

VIVA.co.id - Dunia dibuat terkagum-kagum, saat perusahaan Marine Turbine Technologies (MTT) meluncurkan motor kreasi mereka, Y2K Turbine Motorcycle, pada 1998 silam. Ditenagai oleh mesin yang biasa digunakan oleh helikopter, motor itu berhasil terpampang di hampir semua majalah sepeda motor.

Michael Phelps Samai Rekor Olimpiade Ribuan Tahun Lalu

MTT Terakhir memproduksi motor tersebut 10 tahun yang lalu. Mereka memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut, dan fokus pada pengembangan mesin turbin untuk kegiatan eksplorasi minyak bumi.

Dilansir dari Gizmag, Selasa 16 Juni 2015, Zef Eisenberg dari perusahaan Maxicorp Autosport memutuskan untuk membeli semua hak paten pengembangan motor bertenaga turbin dari MTT. Oleh Zef, motor edisi terakhir dibongkar untuk penelitian.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Kini, Zef berhasil membangun kembali motor tersebut, dengan mengganti sebagian besar komponennya. Mesin jet C18 buatan Rolls-Royce diganti dengan penerusnya, C20B. Dari penggantian mesin ini, tenaga mesin yang tadinya berkisar di angka 240 daya kuda melonjak menjadi 400 daya kuda.

Yang unik dari motor ini adalah sistem penggeraknya bukanlah energi panas yang didorong keluar dari mesin, melainkan memakai transmisi layaknya motor pada umumnya. Energi gerak berputar yang dihasilkan mesin dihubungkan pada transmisi khusus satu percepatan ke roda belakang.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Zef menghabiskan dana sekitar US$300 ribu, atau setara dengan Rp3,9 miliar, untuk membangun motor ini. Tidak puas dengan tenaga mesin, ia kemudian memodifikasi saluran bahan bakar, sehingga tenaganya melonjak menjadi 542 daya kuda.

Sayangnya, tenaga asli motor tidak bisa diketahui, karena saat diuji dengan menggunakan alat Dyno Test, alat tersebut tidak mampu menahan besarnya torsi motor, yang saat itu tercatat 610 Newton meter.

Saat diuji di Bandara Elvington, Yorkshire, Inggris, saat menempuh jarak sejauh 1,6 kilometer, motor melaju pada kecepatan 376,1 kilometer per jam. Hal ini menjadikan motor yang diberi nama Madmax Streetfighter ini berhasil memecahkan rekor dunia untuk kategori motor bermesin turbin.

Selain itu, dua rekor dunia lainnya, yakni motor yang dapat melaju paling cepat pada lintasan 201 meter dan motor jenis streetfighter terkencang di dunia, juga berhasil dipecahkan oleh motor ini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya