Motor Listrik Akan 'Booming' di Indonesia Tak Lama Lagi

Motor listrik yang terinspirasi dari Tesla Motor
Sumber :
  • Greencarreports

VIVA.co.id - Perkembangan dunia otomotif yang terus berkembang ke arah kendaraan ramah lingkungan, ternyata membuat sejumlah pabrikan otomotif membuat berbagai inovasi.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

Tak hanya kendaraan roda empat, kendaraan ramah lingkungan roda dua seperti halnya motor listrik kini mulai dilirik.

Di Indonesia saja, tercatat sudah ada beberapa motor listrik yang tengah disiapkan pabrikan untuk mengaspal dalam waktu dekat. Jika sudah benar meluncur, tentunya akan menjadi kendaraan alternatif bagi masyarakat untuk menemani aktivitasnya sehari-hari.

Menurut Dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Muhammad Nur Yuniarto, motor listrik saat ini memang belum populer di Tanah Air. Padahal, kendaraan itu merupakan alat transportasi populer di masa yang akan datang.

“Motor listrik adalah kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan, namun masyarakat Indonesia masih belum mengenal kendaraan ini secara detail, sehingga masih banyak yang meragukan. Padahal, ini adalah salah satu kendaraan yang akan digunakan di masa yang akan datang,” ujarnya, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 31 Juli 2015.

Lebih lanjut, Nur mengungkapkan, masyarakat Indonesia akan terbiasa dan mulai menggunakan motor listrik dalam lima tahun ke depan. Ia pun mengimbau, agar berbagai pihak untuk mulai mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kendaraan ramah lingkungan.

“Karena masih baru, kita harus mengubah pemikiran masyarakat mengenai motor ini. Sekitar empat sampai lima tahun ke depanlah, masyarakat akan mulai memahami dan menggunakan motor listrik,” tambahnya.

Motor listrik dinilai lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi gas buang dan lebih hemat bahan bakar bila dibandingkan kendaraan konvensional yang ada saat ini. (asp)

Tampang Bengis Motor Listrik Zero Usai 'Ditelanjangi'
Terra Motors XMAN Blade

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Sayang pihak Jaya Mimika Lestari masih enggan bocorkan harganya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016