Merak, Skuter Listrik Buatan Indonesia

Skuter Merak buatan anak bangsa.
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id - Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 menjadi ajang pameran bagi sejumlah produk, mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

Hal tersebut juga dilakukan PT Juara Bike (JB) selaku pemegang merek Selis (sepeda listrik), dengan meluncurkan motor listrik yang diberi nama Merak. Skuter yang diproduksi di Indonesia tersebut merupakan motor listrik yang dapat diisi ulang dengan menggunakan perangkat listrik konvensional di rumah. Sumber tenaganya berasal dari baterai berdaya 72 V 20 AH.

Menurut Edi Sanjaya, Supervisor Marketing Sepeda 88, selaku distributor resmi Selis, dengan menggunakan baterai, Merak mampu menempuh jarak hingga 55 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

"Lama pengisian ulang baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu lima sampai delapan jam. Untuk alat charger-nya sudah disediakan saat pembelian motor," ujar Edi di ICE-Serpong, Tangerang, Selasa, 25 Agustus 2015.

Tampang Bengis Motor Listrik Zero Usai 'Ditelanjangi'

Motor listrik ini dilengkapi dengan bagasi besar di bawah jok, ban tubeless, serta rem cakram di roda depan dan belakang. Walaupun belum diproduksi secara massal, motor ini telah menerima pemesanan secara inden.

"Inden biasanya selama tiga bulan, kalau konsumen ada masalah kami memiliki service center di Kelapa Gading (Jakarta Utara). Atau bisa juga teknisi datang ke rumah apabila terjadi masalah pada motor. Selain itu kami juga memberikan garansi dinamo satu tahun dan baterai tiga bulan,” katanya menambahkan.

Sangarnya Motor Serba Hitam Racikan Rumah Modifikasi Bandung

Soal harga, motor listrik karya anak bangsa ini dijual dengan harga Rp20,5 juta.

(mus)

Terra Motors XMAN Blade

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Sayang pihak Jaya Mimika Lestari masih enggan bocorkan harganya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016