Berapa Umur Normal Sepeda Motor Enak Dipakai?

Yamaha Mio Injeksi atau Mio J FI
Sumber :
  • Sandy Adam Mahaputra

VIVA.co.id - Tak bisa dipungkiri, sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling diminati masyarakat di Indonesia. Hal ini pula yang membuat sejumlah produsen roda dua berlomba untuk terus melahirkan produk-produk terbaru di kancah otomotif nasional.

Pola gaya hidup pun menambah nilai tersendiri bagi para produsen sepeda motor. Sebab, banyak orang yang kerap berganti motor dengan sejumlah alasan, salah satunya ingin tampil gaya. Tetapi, tak sedikit pula orang yang mengganti motornya dengan alasan sudah tak enak dipakai karena kerap mogok dan 'merongrong' pemiliknya.

Jika melihat kasus kerap mogok dan 'merongrong' pemilik, tentu menarik untuk dicermati. Sebab, hingga kini masih banyak orang yang bertanya, sebenarnya berapa usia normal sebuah sepeda motor?

Menurut General Manager Produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Maryanto, pada dasarnya umur sepeda motor yang dibuat bisa mencapai lima tahun atau lebih.

"Akan tetapi, itu bisa terjadi (awet) jika perawatan dan cara penggunaan sepeda motor sesuai pemakaian," ujar Maryanto saat ditemui VIVA.co.id, di Kalibata, Jakarta, Sabtu 31 Oktober 2015.

Maryanto juga mengatakan, ada baiknya para pengguna sepeda motor mematuhi anjuran yang diterapkan pada buku panduan, mulai dari waktu servis, penggantian oli dan juga suku cadang.

Selain itu, kata Maryanto, meski penggunaan aksesori diperbolehkan, namun hal itu harus tetap memenuhi fungsi dari yang sudah dipatenkan pabrikan.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

"Karena kita konsen kepada fungsi, dan yang penting safety. Karena motor yang dibuat perusahaan sedemikian rupa pasti sudah ada evaluasi dan itu menggunakan riset antara dua sampai tiga tahun," katanya.

Untuk Yamaha sendiri, ia mengklaim jaminan lima tahun. Sebab, motor-motor mereka telah dilengkapi teknologi logam mumpuni. "(Motor) Kita bisa diadu dengan yang lain. Lihat saja Yamaha R1, itu ringan sekali motornya. Karena bahannya juga pakai magnesium semua," klaim Maryanto.

Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016