Shockbreaker Motor Ini Cocok Buat Angkut Barang

Shockbreaker KYB Zeto seri Z.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Selain mengangkut orang, banyak sepeda motor yang juga difungsikan sebagai angkutan barang. Sepeda motor dipilih karena dianggap lebih praktis ketimbang mobil, terutama saat harus menembus kemacetan.

Ini Jenis-jenis Suspensi Motor dan Perawatannya

Sayangnya, tidak banyak pemilik motor yang mengetahui kemampuan maksimal dari shockbreaker belakang motor mereka. Tiap shockbreaker dirancang untuk menanggung beban dengan berat tertentu.

Umumnya, shockbreaker didesain agar bisa menahan beban dua orang dewasa, ditambah dengan beberapa barang bawaan ringan.

Tanpa Disadari Kebiasaan Sepele Ini Bikin Motormu Rusak

Jika dipaksakan membawa barang dengan beban berlebih, shockbreaker akan cepat rusak.

Solusinya, shockbreaker diganti dengan model lain yang lebih kuat. Contohnya seperti shockbreaker merek KYB yang ditawarkan Astra Otoparts.

Ada Kabar Baik untuk Pemilik Mobil Suzuki yang Masih Garansi

Salah satu sales Astra Otoparts, Bambang mengatakan, salah satu produk unggulan KYB adalah tipe Zeto. Tipe ini terdiri dari dua seri, S dan Z. Meski ukuran pernya sama, namun Z diklaim lebih kuat ketimbang seri S.

"Kalau seri Z itu heavy duty, mampu menahan beban 500 kilogram. Dinamakan heavy duty, Karena bisa menahan beban dua kali lipat dari standar," ujarnya kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Sementara untuk seri S, meski hanya bisa menahan beban hingga 250 kg, namun kelebihan seri ini adalah tersedia dalam varian warna yang cukup banyak.

Soal harga, KYB Zeto seri Z untuk motor Yamaha NMAX dibanderol Rp1,04 juta sepasang. Khusus untuk motor Honda Vario 125 dan BeAT FI, banderolnya Rp364 ribu.

"Untuk NMax, warna per seri Z ada merah, putih dan hitam. Kalau untuk Vario dan BeAT, tersedia warna merah muda, kuning, biru, dan putih," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya