Bikin Motor Lebih Keren dengan Smart Key

Smart key Honda PCX versi Thailand.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Smart key atau kunci ‘pintar’ sudah lama populer di kalangan pemilik mobil keluaran terbaru. Dengan fitur ini, Anda bisa menyalakan mesin tanpa bantuan kunci kontak.

Bisa Cegah Pencurian, Ini Daftar Sepeda Motor yang Sudah Pakai Smart Key

Sementara untuk sepeda motor, saat ini baru ada dua model smart key saja yang tersedia. Pemilik bengkel Wiet Custom, Wiet mengatakan, saat ini di Indonesia baru ada satu merek aftermarket untuk smart key motor, yakni DSS.

Sedangkan, model satu lagi adalah bawaan pabrikan Honda. "DSS buatan Indonesia. Kalau smart key Honda bawaan PCX Thailand, dan itu impor langsung," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Tangerang, Kamis 24 November 2016.

Nih Daftar Aksesori Resmi Honda Vario 160 dan Harganya

Lantas, apakah kedua smart key tersebut dapat dipasang di semua merek motor?

"Kalau untuk smart key Honda, saya belum riset. Yang jelas, bisa untuk semua motor matik Honda. Sementara kalau DSS, bisa untuk semua motor,” ujarnya menjelaskan.

Jangan Anggap Remeh, Ini Hal Penting Smart Key Motor

Perbedaan antara DSS dengan smart key milik PCX ada pada cara pengoperasiannya. DSS hanya terdiri dari modul dan remote, sementara pada smart key PCX ada tambahan tombol kunci.

Fungsi dari tombol kunci adalah sebagai pengganti dari lubang kunci kontak motor. Jadi, pemilik motor tidak perlu lagi membawa kunci kontak. Untuk menyalakan motor, pemilik hanya perlu mengantongi remote dan memutar tombol yang tersedia.

Sementara pada DSS, tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem disatukan dengan tombol starter. Jadi, pemilik harus menekan tombol starter sebanyak satu kali, lalu kemudian menekan kembali tombol tersebut untuk menyalakan mesin.

Soal harga, DSS dijual dengan banderol Rp700 ribu dan smart key PCX Rp2,2 juta. Lama pemasangan kurang lebih dua jam.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya